Sosialisasi Layanan APOA, SIMPHONI dan ITK/ITAS Online untuk Wujudkan e-Goverment PASTI Nyata

 

IMG 1903

SAMARINDA – Jajaran Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Kaltim melaksanakan Sosialisasi Aplikasi Pelaporan Orang Asing (APOA) dan Pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Layanan Izin Tinggal Keimigrasian melalui Bank dengan SIMPHONI serta Pendaftaran Permohonan Izin Tinggal (ITK & KITAS) secara Online Kamis (02/03) yang lalu di Hotel Aston Samarinda. Acara yang diselenggarakan oleh Kantor Imigrasi Samarinda tersebut dilaksanakan dalam rangka peningkatan pelayanan dan pengawasan keimigrasian terhadap warga asing secara lebih profesional.

Kakanwil Kemenkumham Kaltim, Agus Saryono dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program pemerintah dalam mengedepankan pelayanan dan penegakan hukum keimigrasian dengan berbasis teknologi informasi. "Direktorat Jenderal Imigrasi khususnya dalam hal penguatan Reformasi Birokrasi di bidang keimigrasian senantiasa mengedepankan fasilitas pelayanan dan penegakan hukum dengan pemanfaatan teknologi informasi, hal ini selaras dengan resolusi e-Government PASTI Nyata." ujar Agus yang saat itu didampingi oleh Kepala Divisi Keimigrasian, M. Yanis dan Kepala Kantor Imigrasi Samarinda, Mujiyono.

Agenda kegiatan ini merupakan salah satu wujud pelaksanaan amanat Undang-undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang keimigrasian pada pasal 72, yaitu kewajiban pelaporan data orang asing terhadap tempat-tempat penginapan atau perumahan. Dengan adanya aplikasi APOA diharapkan pelaporan masyarakat khususnya pemilik penginapan atau perumahan lebih mudah dan cepat untuk melaporkan keberadaan WNA secara online. Begitu pula layanan ITK dan ITAS secara online diharapkan memberi kemudahan kepada sponsor dan WNA yang akan mengurus izin tinggal terbatas dan perpanjangan ijin tinggal kunjungan dapat lebih singkat dan transparan.

Sebelum menutup sambutannya, Kakanwil menyampaikan pula apresiasi kepada seluruh peserta yang sudah hadir serta ucapan terima kasih kepada segenap panitia penyelenggara khususnya kepada Kantor Imigrasi Samarinda, yang telah berkerja keras dalam mewujudkan peningkatan pelayanan keimigrasian di kota Samarinda, "Saya menyambut baik kegiatan ini, serta memberikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh peserta dan penyelenggara, khususnya kepada Kantor Imigrasi Samarinda. Semoga kegiatan ini menjadi momentum yang baik dalam peningkatan pelayanan WNA yang profesional dan transparan." pungkasnya. (riandi/humas)

IMG 1906

SAMBUTAN : Kakanwil, Agus Saryono berikan arahan dalam kegiatan sosialisasi layanan keimigrasian. (Photo:yoesry/humas)

IMG 1921

PHOTO BERSAMA : Jajaran Kanwil Kemenkumham Kaltim dengan Kantor Imigrasi Samarinda. (Photo:yoesry/humas)

IMG 1911

PHOTO BERSAMA : Jajaran Kemenkumham Kaltim dengan peserta sosialisasi. (Photo:yoesry/humas)

IMG 1917

PHOTO BERSAMA : Jajaran Kemenkumham Kaltim dengan peserta sosialisasi. (Photo:yoesry/humas)


Cetak   E-mail