APEL SIAGA 2017 : Revolusi Mental untuk Membangun Integritas

apel siaga 2017

SAMARINDA – Pagi yang sangat berbeda pada Jumat (31/3) di lapangan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Samarinda. Jajaran Pemasyarakatan di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Timur (Kanwil Kemenkumham Kaltim) melaksanakan Apel Siaga secara serentak di seluruh Indonesia. Apel dengan slogan “Kami Kerja, PASTI Bersih Melayani” tersebut secara langsung diinstruksikan oleh Menteri Hukum dan HAM (Menkumham), Yasonna untuk membangun integritas jajaran pemasyarakatan melalui revolusi mental. Dalam kegiatan ini hadir Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Kaltim, Agus Saryono, sebagai pembina apel, sejumlah Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan serta pejabat dari Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Kaltim.

Kakanwil dalam sambutannya menyampaikan arahan Menkumham berkaitan dengan jajaran pemasyarakatan yang memiliki tugas dan fungsi penegakan hukum dalam bidang pembinaan, pelayanan dan bimbingan terhadap warga binaan pemasyarakatan (WBP) serta pengelolaan benda sitaan negara dan rampasan negara (Rupbasan). Masyarakat sangat berharap terhadap perbaikan pelayanan publik yang dimiliki oleh Lembaga Pemasyarakatan (LAPAS) dan Rumah Tahanan Negara (RUTAN). Perlunya langkah yang kongkrit dalam mewujudkan gerakan revolusioner untuk membangun mental dan memperkuat semangat kerja dan kinerja bagi seluruh jajaran pemasyarakatan adalah salah satunya dengan melaksanakan kegiatan Apel Siaga.

Dengan dilaksanakannya Apel Siaga ini di UPT Pemasyarakatan seluruh Indonesia diharapkan mampu meningkatkan semangat, membangun integritas guna menjadikan pemasyarakatan yang bersih dari pungutan liar, bersih dari narkoba/handphone serta bersih dari segala bentuk penyimpangan. Selain itu untuk memperkuat komitmen pelaksanaan Apel Siaga, dilaksanakan pula penandatanganan kerjasama (MoU) oleh Kepala UPT Lapas dan Rutan dengan instansi terkait serta dibacakan pula Deklarasi Apel Siaga “Kami Kerja, PASTI Bersih Melayani” disaksikan oleh Kakanwil dan seluruh peserta apel. (humas)

apel siaga 2017 2

SAKSI : Kakanwil Kemenkumham Kaltim, Agus Saryono saksikan penandatanganan MoU dan Deklarasi Apel Siaga. (photo:humas)


Cetak   E-mail