Kakanwil Lantik Notaris Balikpapan dan Berau

00-PELANTIKAN

SAMARINDA – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kalimantan Timur, Leo Detri SH MH kembali melantik dua orang notaris pada Selasa (15/4). Mereka yang dilantik adalah Andina Rachmaswari SH MKn yang dilantik sebagai notaris Kota Balikpapan dan Yongky SH MKn yang dilantik sebagai notaris Kabupaten Berau.

Selain itu, Kakanwil juga melantik Yanti Herlianti SH, Mila Amelia Septi Rizky SH dan Jufri SH sebagai notaris pengganti. Ketiganya dilantik sebagai notaris pengganti untuk menggantikan Lilis Kuryani SH MKn, notaris Kota Samarinda yang cuti selama 32 hari, Maria Astuti SH, notaris Kota Samarinda yang cuti selama 8 hari dan Muhammad Astra SH MKn, notaris Kota Tarakan yang cuti selama 132 hari.

Dalam pelantikan yang dilakukan di Aula Kantor Kemenkumham Kaltim tersebut berlangsung lancar dan dihadiri puluhan undangan. "Bagi notaris baru yang dilantik dan diambil sumpah dalam waktu 60 hari agar segera menjalankan tugas. Sementara bagi notaris yang cuti, sebelum menjalankan cuti agar menyampaikan berita acara serah terima protokol notaris kepada Majelis Pengawas Wilayah Notaris," kata Leo Detri dalam sambutannya.

00-PELANTIKAN2

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan yang dimulakan pukul 10.00 Wita tersebut disaksikan langsung rohaniawan dari Kantor Kementerian Agama Kaltim dengan menghadirkan dua saksi yakni Agus Sartono dan Yarnawati dari Kanwil Kemenkumham Kaltim. "Kepada mereka yang dilantik wajib menerima protokol notaris dari notaris lain dan protokol notaris yang tersimpan pada kantor notaris," jelas Kakanwil.

Pelantikan notaris itu sendiri dilakukan setelah terbitnya surat keputusan yang ditandatangani Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum DR Aidir Amin Daud SH MH dengan nomor AHU-00378.AH.02.01 Tahun 2014 dan AHU-00358.AH.02.01 Tahun 2014. "Dalam waktu 180 hari atau paling lambat 90 hari sebelum masa jabatan berakhir, mereka yang dilantik wajib memberitahukan kepada Majelis Pengawas Daerah di tempat kedudukan notaris mengenai berakhirnya masa jabatan dan mengusulkan notaris lain sebagai pemegang protokol," pungkas Kakanwil. (ENDARNATA/HUMAS)

00-PELANTIKAN3