Kadiv Yankum Ambil Sumpah Tiga Notaris Baru Kota Balikpapan

IMG 6506

SAMARINDA – Kepala Divisi Pelayanan Hukum Kemenkumham Kaltim, Amru Walid Batubara Selasa (27/09) yang lalu telah mengambil sumpah notaris di Aula Kantor. Tiga orang yang diambil sumpahnya adalah Tubagus Muhammad Sulaiman, SH, M.Kn, Endah Ayuningtyas, SH, M.Kn dan Sarrach Apriyanti, SH, M.Kn yang telah diambil sumpahnya sebagai notaris setelah terbitnya surat keputusan Menkumham RI Nomor AHU-00663,00716,00811.AH.02.01 Tahun 2016. Sesuai yang tercantum pada surat keputusan tersebut, seluruh notaris yang telah diambil sumpahnya ini akan bertugas di Kota Balikpapan dengan Wilayah Jabatan Provinsi Kalimantan Timur.

Dengan jumlah notaris yang semakin bertambah, tentunya tingkat profesionalitas sangat menentukan kemampuan bersaing antar notaris khususnya di Kota Balikpapan. Keberadaan notaris diharapkan mampu menopang kepastian hukum dalam sendi perekonomian masyarakat tanpa mengesampingkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Perubahan era globalisasi seiring berlakunya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) menjadi tantangan tersendiri bagi notaris khususnya dalam menjalankan peran strategis notaris dalam memberikan pelayanan hukum terhadap semua aktivitas masyarakat yang menimbulkan sebab maupun akibat hukum.

Notaris sangat berperan dalam melindungi hak dan kewajiban masyarakat dalam suatu peristiwa hukum. Kadiv Yankum berpesan, "Sebagai Pejabat Publik, Notaris merupakan satu-satunya pihak yang diberi kewenangan oleh undang-undang, sehingga dalam menjalankan profesinya, tetap harus patuh kepada ketentuan Undang-Undang dan kode etik notaris", pungkas Amru. (RT/HUMAS)

IMG 6510

PENANDATANGANAN : Notaris Kota Balikpapan Tandatangani Berita Acara Sumpah dihadapan Kadiv Yankum, Saksi dan Rohaniawan Selasa (27/9). (Photo:ARDANI/HUMAS)