TINGKATKAN EKONOMI KLIEN PEMASYARAKATAN, BAPAS KELAS II BALIKPAPAN DAN DPPU SEPINGGAN SEPAKATI PROGRAM KERJA SAMA KREDAWALA

1. 210221 Cover TTDMOU Bapas DPPU

 

Bapas Kelas II Balikpapan bersama Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VI DPPU Sepinggan Group melakukan pertemuan secara virtual (15/02/2020) terkait kerjasama dalam program pemberdayaan klien di lingkungan Bapas Kelas II Balikpapan yang bertajuk Kredawala (Kreasi Berdaya Warga Lapas).

Kegiatan yang dilakukan secara virtual ini dihadiri oleh Kepala Bapas Kelas II Balikpapan, Budi Purwadi, dengan didampingin oleh Ka.Subsi Bimbingan Klien Dewasa, Tikno, dan Agus Sutejo selaku perwakilan pembimbing kemasyarakatan. Disisi lain, pihak DPPU Sepinggan diwakili oleh Hery Ashari selaku Operation Head Pertamina DPPU Sepinggan Group, Joko Setiawan selaku Community Development Offficer dan Bapak Ahmad Taufiq.

Dalam uraiannya, Hery Ashari menyampaikan bahwa program Kredawala telah dimulai sejak tahun 2019 di lingkungan Lapas Kelas II A Balikpapan. Program ini bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan untuk menyalurkan dan mengembangkan berbagai keahlian, seperti otomotif dan daur ulang sampah, sebagai bekal ketika mereka kembali ke masyarakat nantinya.

Balai Pemasyarakatan sebagai instansi yang bertugas dalam pembimbingan dan pengawasan lanjutan bagi warga binaan setelah Lembaga Pemasyarakatan, menjadikan kerja sama antara DPPU Sepinggan dan Bapas Kelas II Balikpapan dinilai sangat tepat. Bapas Kelas II Balikpapan menyambut baik adanya program Kredawala ini. “Kami ucapkan terima kasih kepada DPPU Sepinggan, semoga kegiatan semacam ini dapat terlaksana secara berkelanjutan” ujar Ka. Bapas Kelas II Balikpapan dalam pertemuan virtual tersebut. “Klien Bapas yang telah berhasil mengikuti program kredawala diharapkan mampu menginspirasi warga binaan dan klien Bapas lainnya untuk mengikuti kegiatan serupa” tambahnya.

Sementara ini, Tikno selaku Kasubsi Bimbingan Klien Dewasa juga menyampaikan rasa terima kasihnya terhadap kerja sama kedua pihak. Ia menyampaikan bahwa Bapas Kelas II Balikpapan membuka kesempatan sebesar-besarnya kepada DPPU Sepinggan untuk menjalin kerja sama lain kedepannya. Program kredawala diharapkan mampu meningkatkan perekonomian klien Bapas Kelas II Balikpapan sehingga mencegah pengulangan tindakan kriminal.

“Bapas dan DPPU Sepinggan memiliki kesepahaman dan tujuan yang sama atas program ini, semoga dapat memberikan manfaat” ujar Joko Setiawan. Adapun penandatangan berkas MoU akan dilakukan secara terpisah mengingat kondisi pandemi yang tidak memungkinkan adanya pertemuan langsung. (Red Humas Kanwil Kaltim)

 

4. 210221 TTDMOU Bapas DPPU

4. 210221 TTDMOU Bapas DPPU

4. 210221 TTDMOU Bapas DPPU

Cetak