Lapas Bontang Gelar Perawatan Kesehatan Gigi Bagi WBP 13 WBP Cabut Gigi Akibat Keropos Dan Berlubang

1. cover

Meski Pandemi, Sebanyak 15 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) antusias mengikuti kegiatan pemeriksaan perawatan kesehatan gigi dengan tetap mengikuti protokol kesehatan menggunakan masker dari Klinik Mandiri Dokter Gigi Bontang, (drg. Maria Lidwina Hendrata) yang saat itu didampingi perawat yang juga asistennya (Mike Mawar Patongloan, A.Md.Keb.) di ruang kesehatan Poliklinik Lapas Kelas IIA Bontang Sabtu (20/02).

Dari ke 15 WBP, 13 diantaranya dilakukan pencabutan gigi keropos dan berlubang dikarenakan hasil pemeriksaan dan pertimbangan kesehatan, sedangkan dua orang WBP lainnya melakukan konsultasi perawatan gigi berkelanjutan yang rencananya dilakukan pada pertemuan kunjungan berikutnya, seperti pembersihan kerak pada gigi, penambalan serta pemasangan gigi palsu.

Usai kegiatan drg. Maria mengungkapkan bahwa pentingnya bagi WBP dalam menjaga kesehatan gigi terutama rajin menggosok gigi minimal 2 kali sehari dan sebelum tidur. Menurutnya banyak masyarakat menganggap hal sepele mengenai perawatan gigi. Ketika gigi mereka sudah mengalami kerusakan atau sakit, barulah mereka menyadari pentingnya kesehatan dalam merawat gigi.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Bontang, Ronny Widiyatmoko mengatakan kegiatan kesehatan perawatan gigi bagi WBP ini rencananya akan diagendakan rutin untuk kunjungan dari Klinik Mandiri Dokter Gigi Bontang. Melihat respon yang baik pada kunjungan pertama oleh warga binaan maka pihak dokter menjadwalkan kunjungan keduanya pada Sabtu (13/03) bulan depan, dengan tetap menjalankan protokol kesehatan.

Kegiatan perawatan kesehatan gigi bagi WBP ini tidak dikenakan biaya oleh WBP melainkan murni dari anggaran Lapas Kelas IIA Bontang berkerjasama dengan Klinik Mandiri Dokter Gigi Bontang.

2

3

Cetak