WUJUD KOMITMEN LAPAS NUNUKAN SEBAGAI LAPAS INDUSTRI, PERKEBUNAN KELAPA SAWIT LAPAS NUNUKAN BERKEMBANG DENGAN BAIK DAN BERHASIL MENINGKATKAN KEMAMPUAN KEMANDIRIAN DAN KETERAMPILAN WBP LAPAS NUNUKAN

1. Cover

Nunukan, 25 Juni 2021.

Pembinaan Kemandirian merupakan pembinaan berupa pelatihan keterampilan, pelatihan kerja mandiri yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan warga binaan untuk menjadi bekal saat mereka diintegrasikan kembali di lingkungan masyarakat, dengan harapan warga binaan tersebut tidak mengulangi tindak pidana kembali. Pembinaan Kemandirian yang dimaksud kali ini adalah Budidaya Perkebunan Kelapa Sawit dimana dalam hal ini sasaran utamanya adalah membina warga binaan Lapas Nunukan untuk meningkatkan kemampuan kemandirian dan keterampilan dalam merawat ataupun mengembangkan Perkebunan Kelapa Sawit. Program pembinaan ini yakni warga binaan yang telah memenuhi syarat secara administratif dan substantif yang telah dinyatakan dalam sidang Tim Pengamat Pemasyarakatan layak untuk di pekerjakan diluar lapas dengan dikawal oleh Petugas Lapas Kelas IIB Nunukan. Dalam Kesempatan kali ini Kepala Lapas Nunukan, Taufiq Hidayat memberikan apresiasi kepada warga binaan Lapas Kelas IIB Nunukan yang secara antusias mengikuti program-program pembinaan yang diadakan dan berharapan warga binaan memiliki keterampilan pada saat diintegrasikan kembali kepada masyarakat dan tidak mengulangi perbuatan melanggar hukum. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan keterampilan kepada warga binaan sehingga diharapkan mereka memiliki bekal dan modal untuk kehidupannya setelah bebas dan kembali ke masyarakat.

Kalapas berharap program ini tidak hanya mengisi waktu, tapi juga harus memberi keterampilan, aktualisasi diri, dan kemampuan mengendalikan diri. "Program yang diberikan kepada warga binaan Lapas Nunukan tersebut juga mendukung program pemasyarakatan produktif agar narapidana dapat mengaktualisasi diri dan dapat mengendalikan diri,". Lapas Nunukan telah berhasil mengelola kebun sawit yang luasnya -+ 4 hektar dan berhasil melakukan Panen Kelapa sawit setiap bulannya dan telah rutin memberikan PNBP setiap bulannya. Hal tersebut bukti Lapas Nunukan atau wujud komitmen Lapas Nunukan sebagai Lapas Industri. (Red. Humas Kaltim / Lapas Nunukan)

5. Lapas

5. Lapas

5. Lapas

5. Lapas

Cetak