WUJUDKAN KOMITMEN FUNGSI BAPAS, BAPAS KELAS II TARAKAN SELENGGARAKAN BIMBINGAN KEPRIBADIAN BAGI KLIEN PEMASYARAKATAN

IMG 4749

Tarakan - Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Tarakan baru saja menggelar kegiatan seminar Bimbingan Kepribadian bertema “Wawasan Kebangsaan dan Keagamaan Ciptakan Klien Bapas yang Sadar Hukum dan Taat Beragama” pada Selasa - Rabu (27 - 28/07/2022). Acara ini dihadiri oleh 20 orang peserta Klien Pemasyarakatan yang berstatus aktif sebagai klien bimbingan.

Ka. Bapas Tarakan Andik Dwi Saputro, membuka acara dengan hikmat dengan dihadiri oleh jajaran pejabat struktural. “Saya berharap kalian tidak mengulangi perbuatan yang sama lagi. Selama menjalani masa pidana direnungkan karena banyak orang yang dikorbankan, seperti keluarga”, ujar Andik.

Hadir sebagai pemateri pertama, Vetherson Salomo Sagala dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Kalimantan Utara memberikan materi tentang Kepribadian Sadar Hukum. Vetherson memberikan penguatan kepada mantan napi selepas bebas dan kembali ke masyarakat. "Mulailah untuk memperbaiki setiap kesalahan yang diperbuat di masa lalu untuk menjadi lebih baik di masa depan", pungkasnya.

Materi selanjutnya adalah tentang Ketenangan Jiwa dengan Shalat yang diberikan oleh Waryono. Waryono sendiri adalah pensiunan yang bekerja di Lapas Kelas IIA Tarakan selama 33 tahun, sehingga ia mengerti bagaimana keadaan psikologi dan religi napi. "Tidak ada jalan lain selain bertaubat atas dosa yang kalian lakukan. Taubat jika tidak diiringi dengan shalat tidak akan berpengaruh", jelasnya. (Red.Humas Kumham Kaltimtara / Bapas Tarakan)

IMG 4668

IMG 4713


Cetak   E-mail