BEDA DAN MEMUKAU, WBP RUTAN TANAH GROGOT IKRAR ANTI NARKOBA DI ACARA GARUDA EXPO 2023

WhatsApp Image 2023 06 12 at 09.06.34

Tanah Grogot, Rutaro Info - Menilik meriahnya acara Penutupan Garuda Expo UMKM 2023 yang di selenggarakan di Lapangan Gentung Temiang, Tanah Grogot, Kabupaten Paser, (10/6). Garuda Expo 2023 ini merupakan  event yang didukung Penuh Pemerintah Daerah kabupaten Paser dalam menggeliatkan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) masyarakat kabupaten Paser dalam menggelorakan semangat memperingati Hari Lahir Pancasila Tahun 2023. Acara penutupan ini dimeriahkan langsung oleh Artis kenamaan Evi Lida Dangdut Indonesia Tahun 2021, yang juga merupakan produk Asli Kalimantan Timur, menambah meriah acara tersebut.

Namun, ada hal unik yang menarik perhatian dalam acara penutupan pergelaran Garuda Expo 2023 ini, bagaimana tidak ternyata usut punya usut, Prison Art Institute Band Besutan Rutan Tanah Grogot juga turut hadir meuforiakan kemeriahan Penutupan Garuda Expo 2023. Bukan hanya menghibur, ternyata Prison Art Institute Band binaan yang digagas langsung Kepala Rutan Tanah Grogot Bayu Muhammad melakukan hal yang tidak biasa. Betul saja, ditengah Tengah acara, Penampilan yg berbeda dari Prison Art Institute yaitu mengkolaborasikan seni musik dan puisi serta ikrar anti narkoba. seluruh Personil Prison Art Institute mendeklarasikan Gerakan Anti Narkoba yang di ikuti Puluhan ribu penonton yang sontak seketika gemuruh seluruh pengunjung memberikan applause.

Hal itu dibenarkan  oleh Kepala Rutan Tanah Grogot Bayu Muhammad, dikatakan Bayu Muhammad, ia sengaja memanfaatkan kesempatan ini untuk mengglorifikasikan komitmen jajaran pemasyarakatan untuk menyatakan perang terhadap narkoba."Ini merupakan wujud komitmen kuat kita dalam menyatakan perang melawan narkoba, untuk itu saya memanfaatkan betul kesempatan ini untuk mengajak masyarakat bersama bersatu say no to drug dengan cara yang sedikit berbeda," kata Bayu.

Dijelaskan pula oleh Bayu, dalam proses pelaksanaan, dirinya terus berkoordinasi  telah mendapatkan dukungan dari Pimpinan di Kantor wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Timur, tentunya dengan melalui Standard operasional Prosedur, Bayu  bersyukur dapat berkesempatan menampilkan potensi luar biasa yang dimiliki Rutan Tanah Grogot kepada masyarakat. "Sudah jelas ya dikatakan melalui UU Pemasyarakatan yang baru (22 Tahun 2022) warga binaan diberikan ruang lingkup sebebas Bebas nya dalam mengasah potensi dan kreatifitas nya, dan juga saya selalu melaporkan apa saja yang terjadi kepada pimpinan, baik Pak Kadivpas maupun kakanwil, tentunya saya juga mengucapkan terimakasih kepada ketua panitia, yang sudah memberikan kesempatan ini karena kami sangat membutuhkan moment-moment seperti ini," tambahnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua Panitia Normila Sari Wahyuni, dirinya sangat senang Prison Art Institute bisa tampil meramaikan Garuda Expo 2023 ini , ia menyatakan Penampilan band Besutan Bayu Muhammad ini selalu memiliki konsep dan karakter yang khas. "Luar biasa keren ya penampilan Prison Art Institute ini, luar biasa sekali atensinya dari masyarakat, bahkan saat saya melaporkan kegiatan kepada bupati Paser, beliau mengapresiasi, semua tertata dan selalu memiliki konsep yang menarik," sanjungnya.

Nizar, salah satu personil Prison Art Institute mengaku sangat bersyukur dan tak menyangka bahwa Rutan Tanah Grogot akan mensupport warga binaan seribu persen, ia sangat senang bisa memimpin deklarasi Anti Narkoba di tengah panggung yang begitu megah."Ucapan terimakasih tak terhingga saya sampaikan kepada bapak Kepala Rutan bapak Bayu, saya tidak menyangka akan ada sosok pemimpin yang mendukung program pembinaan seperti ini, saya berdoa semoga bapak sehat dan sukses selalu, saya dan teman teman berjanji akan menjadi lebih baik lagi dan berguna untuk masyarakat”, ucapnya.

Rutan Tanah Grogot juga mengoptimalkan event Garuda Expo 2023 untuk memperkenalkan Produk produk unggulan warga binaan, dengan menampilkan hasil karya warga binaan berupa tataboga dan kerajinan tangan, Amplang Salah satu komoditas unggulannya.

Bayu berharap dengan dilaksanakan kegiatan ini, tentunya akan mengubah persepsi masyarakat tentang penjara dan Warga binaan, karena sejatinya Warga binaan adalah mahluk sosial yang bisa berubah menjadi lebih baik dari sebelumnya, dirinya juga tak segan memberikan applause terhadap pelaksanaan Garuda Expo UMKM, menurutnya ini akan menjadi stimulus perekonomian masyarakat kabupaten Paser dan menjadi titik awal kebangkitan cita rasa dan kekayaan Kuliner masyarakat kabupaten Paser.

2. Ikrar Anti Narkoba Rutan Tanah Grogot

3. Ikrar Anti Narkoba Rutan Tanah Grogot

4. Ikrar Anti Narkoba Rutan Tanah Grogot


Cetak   E-mail