Kanwil Kaltim Selenggarakan Rapat Tim Pora Tingkat Provinsi

IMG 6526
SAMBUTAN - Kakanwil membuka Rapat Tim PORA

Samarinda (14/5) - Bertempat di Aula Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Timur, Kepala Kantor Wilayah, Agus Saryono dalam sambutannya sekaligus membuka acara Rapat Tim Pengawasan Orang Asing (PORA) menyampaikan tantangan dan dampak terhadap kebijakan pemberian bebas visa kepada beberapa negara adalah hal yang nyata. Peningkatan jumlah orang asing yang masuk ke negara Indonesia memiliki dampak positif dan negatif, di satu sisi peningkatan devisa merupakan efek positif dari kebijakan tersebut, sedangkan efek negatif dari kebijakan pembebasan visa adalah meningkatnya penyalahgunaan izin tinggal warga negara asing dan bertambahnya tenaga kerja asing (TKA) yang saat ini menjadi isu nasional. Untuk itu, Agus Haryono memandang perlu peningkatan terhadap pengawasan orang asing khususnya di Kalimantan Timur. Tim PORA yang merupakan kepanjangan tangan dari pemerintah dan pemegang amanat dari Undang-Undang Keimigrasian diharapkan menjadi ujung tombak dalam pengawasan orang asing. 

Dalam kegiatan ini turut serta sebagai narasumber Kepala Kanwil Dirjen Bea dan Cukai (DJBC)  Kalimantan Bagian Timur, Agus Sudarmadi dan Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kalimantan Timur , Soenaryono. Dalam pemaparannya, Agus Sudarmadi menekankan bahwa masuknya WNA pasti akan diiringi dengan masuknya barang dari Negara luar baik legal maupun ilegal. Untuk itu, Agus Sudarmadi mengapresiasi kegiatan rapat Tim PORA yang dilaksanakan oleh Divisi Keimigrasian Kanwil Kaltim sebagai langkah kongkrit dan bersama dalam upaya pengawasan orang asing dan barang dari Negara asing. Sedangkan, Soenaryono dalam pemaparannya menjelaskan tentang prosedural dan petunjuk teknis terkait dengan pengawasan orang asing.

Peserta Rapat Tim PORA sejumlah 23 orang yang terdiri dari berbagai instansi terkait antara lain DJBC Kalimantan Bagian Timur, Lanud Balikpapan, BINDA Kaltim , BNN Kaltim , Polda Kaltim, Disnaker Provinsi Kaltim, Disdikbud Provinsi Kaltim, Kesbangpol Provinsi Kaltim, Kejati Kaltim, Kodam VI/Mulawarman serta para Kepala UPT Keimigrasian di Wilayah Kaltim dan Kaltara. (humas)

 IMG 6547KOMPAK - Anggota Tim PORA melakukan foto bersama

 

IMG 6502RAPAT - Kegiatan Rapat Tim PORA Tingkat Provinsi Kalimantan Timur

  


Cetak   E-mail