Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Timur Sukses mengadakan pengawasan terhadap Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis Lada Malonan di Kabupaten Kutai Kertanegara

front2

Kutai Kertanegara, Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Timur Sukses mengadakan pendampingan dan pengawasan terhadap Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis Lada Malonan yang berlokasi di Desa Batua dan Muara Badak, Kab. Kutai Kertanegara pada tangal 4-5 April 2019. Dengan dipimpin langsung Oleh Kepala Bidang Pelayanan Hukum, Erni Asmara, S.H dan Kepala Sub. Bidang  Pelayanan Kekayaan Intelektual, Favourita Sirait.

                Adapun pendampingan dan pengawasan Indikasi Geografis Lada Malonan ini bekerjasama dengan dinas perkebunan Propinsi Kalimantan Timur, UPT Dinas Perkebunan Loa Janan dan Dinas Perkebunan Kabupaten Kutai Kertanegara dengan didampingi narasumber Akademisi dari Universitas Mulawarman, IR. Rudarmono, M.P.

                Kondisi Medan yang Panas dan Terjal dilokasi perkebunan Lada Malonan, tidak menyurutkan semangat dari tim dalam melakukan pendampingan dan pengawasan yang merupakan program dari Kanwil Kementerian Hukum Kaltim tahun Anggaran 2019 ini. Dengan menggunakan 2 Unit kendaraan Operasional Tim harus melakukan manuver-manuver sulit di jalan bekas lokasi tambang dan perkebunan sawit warga untuk dapat menjangkau lokasi Perkebunan Lada Malonan tersebut.

Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis Lada Malonan sangat antusias dalam mengikuti kegiatan peninjauan lokasi serta peninjauan dan pengawasan Masyarakat IG Lada Malonan, mereka sangat antusias dalam memperhatikan arahan serta masukan mengenai penanaman serta pengolahan hasil panen Lada Malonan yang dijelaskan dengan sangat baik oleh narasumber. Banyak masukan yang dapat diperoleh mereka antara lain mengenai teknik budidaya sesuai dengan SOP dengan memperhatikan standarisasi pengelolaan IG Lada Malonan dan pengelolaan organisasi MPIG yang terstruktur sehingga dapat meningkatkan harga jual dan kemakmuran anggota MPIG tersebut.

                 Kegiatan ini akhirnya dapat ditutup dengan sukses dan masyarakat menginginkan kegiatan serupa dapat dilaksanakan kembali mengingat manfaat positif yang langsung mereka rasakan. (Red Div Yankum) 

hal1

hal3

hal4

hal5

tn1

tn2

 


Cetak   E-mail