Satgas Kamtib Kanwil Kemenkumham Kaltim gelar Razia di Lapas dan Rutan Balikpapan

Satgas Kamtib Kumham Kaltim 2
PERSIAPAN : Apel Persiapan Razia Satgas Kamtib Kanwil Kemenkumham Kaltim di Lembaga Pemasyarakatan Balikpapan. (Photo:Divpas Kaltim)

Satgas Kamtib Kumham Kaltim 2
PERSIAPAN : Apel Persiapan Razia Satgas Kamtib Kanwil Kemenkumham Kaltim di Rumah Tahanan Negara Balikpapan. (Photo:Divpas Kaltim)

BALIKPAPAN – Tim Satuan Tugas Keamanan dan Ketertiban (Satgas Kamtib) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Timur (Kanwil Kemenkumham Kaltim) melaksanaan Penindakan dan Pencegahan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Balikpapan pada Kamis (4/4). Dengan menurunkan sebanyak 20 pegawai dari Divisi Pemasyarakatan, Tim Satgas Kamtib Kanwil Kemenkumham Kaltim langsung melakukan penggeledahan secara bertahap dan dari blok ke blok. Kegiatan ini dilaksanakan secara periodik guna mencegah dan mengawasi lingkungan Lapas dan Rutan agar terhindar dari penyalahgunaan narkoba dan hal-hal menyimpang lainnya.

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Kepala Bidang Keamanan Kesehatan Perawatan Narapidana/Tahanan dan Pengelolaan Basan Baran, Maman Herwaman tersebut dilakukan pada pukul 09.00 Wita dimulai di Lapas Balikpapan hingga pukul 12.00 Wita dan berlanjut di Rutan Balikpapan ini pada pukul 13.00 Wita hingga menjelang pukul 15.00 Wita. Beliau menghimbau kepada pegawai yang bertugas melakukan razia dan penggeledahan untuk melaksanakan sesuai prosedur dengan mengutamakan ketelitian, penuh sopan santun serta ramah terhadap warga binaan. “Laksanakan kegiatan penggeledahan ini dengan teliti, tidak terburu-buru dan terutama berlaku sopan terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan, karena meraka adalah warga kita juga, perlakukanlah dengan wajar dan ramah,” tutur Maman Herwaman. Penggeledahan pada Lapas Balikpapan dilakukan di beberapa Blok Narkotika dan pada Rutan Balikpapan dilakukan di semua Blok Kamar Wanita.

Adapun sejumlah barang-barang terlarang yang berada di dalam blok hunian baik di Lapas maupun Rutan Balikpapan yang berhasil diamankan antara lain Handphone sebanyak 7 buah, Korek Gas sebanyak 47 buah, Sajam sebanyak 33 buah, Sendok Besi sebanyak 13 buah, Baterai HP sebanyak 9 buah, Solder Listrik sebanyak 1 buah, Kunci T sebanyak 2 buah, Headset HP sebanyak 20 buah, Kabel terminal Listrik sebanyak 15 buah, Kabel Data sebanyak 18 buah, Charger HP sebanyak 25 buah, Kipas Angin sebanyak 14 buah, Pemanas Air Listrik sebanyak 2 buah, Speaker sebanyak 1 buah, Kaca Pipet sebanyak 7 buah, Botol Bekas Bong sebanyak 2 buah dan Uang Tunai sebanyak Rp7.324.000,-. Barang-barang hasil penggeledahan itu dimusnahkan langsung oleh Kepala Bidang Keamanan, Maman Herwaman dengan disaksikan oleh Tim Satgas Kamtib Kanwil Kemenkumham Kaltim. (Humas)

Satgas Kamtib Kumham Kaltim 8Satgas Kamtib Kumham Kaltim 8Satgas Kamtib Kumham Kaltim 8Satgas Kamtib Kumham Kaltim 8
RAZIA: Tim Satgas Kamtib Kanwil Kemenkumham Kaltim melakukan penggeledahan ke dalam Blok. (Photo:Divpas Kaltim)


Cetak   E-mail