PEMBINAAN PENGELOLAAN KEUANGAN DI LINGKUNGAN KEMENKUMHAM KALTIM

Keuangan 1Samarinda. Bertempat di Aula Kantor Wilayah Kemenkumham Kaltim, Kegiatan Pembinaan Pengelolaan Keuangan menghadirkan Pembicara dari Biro Keuangan Sekretariat Jenderal Kemenkumham RI, yaitu Kepala Biro Keuangan (Tarsono), Kabag TU Keuangan (Bambang Edi S), Kabag Pembendaraan IV (Edi Fadilah), Kasubbag Akuntansi dan Pelaporan Keuangan (Anna Ermita), Kasubbag Pelaksana Anggaran (Amia Cakrawati). Adapun peserta dalam kegiatan tersebut meliputi para Kepala UPT Se-Kaltimtara, Bendahara Kanwil dan Bendahara UPT Se-Kaltimtara.(11/04)

Kegiatan Pembinaan dibuka oleh Kasubbag Keuangan Kemenkumham Kaltim, Susnaini. Selanjutnya, sambutan dari Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Nur Ichwan yang memaparkan bahwa dalam melaksanakan kegiatannya, Kementerian Hukum dan HAM RI menggunakan APBN yang dananya berasal dari publik. Oleh sebab itu, sudah sewajarnya memiliki kewajiban menyelenggarakan pelaporan keuangan yang akurat, transparan, dan akuntabel sebagai bentuk pertanggungjawaban terhadap publik dalam penggunaan APBN. Dengan adanya kegiatan ini, Nur Ichwan mengakhiri sambutannya dengan berharap kualitas pelaporan keuangan seluruh satuan kerja di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kaltim semakin meningkat dan berkontribusi dalam mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) bagi Kementerian Hukum dan HAM RI pada pelaporan keuangan tahun 2019 ini.

Adapun pembahasan Biro Keuangan dalam kegiatan tersebut adalah tentang :

  1. Koordinasi teknis pembinaan pengelolaan dan tata usaha keuangan,
  2. Evaluasi penyusunan laporan keuangan Kemenkumham,
  3. Evaluasi kinerja pelaksanaan anggaran Kemenkumham TA 2019,
  4. Inventarisasi masalah laporan keuangan Kemenkumham,
  5. Pengelolaaan keuangan Kemenkumham R.I,
  6. Tata cara pembayaran dalam rangka pelaksanaan APBN di lingkungan Kemenkumham.

 

Keuangan 2Kepala Biro Keuangan, Tarsono memaparkan mengenai Target Pengelolaan Keuangan yaitu :

  1. Laporan Keuangan Memperoleh Opini Wajar Tanpa Pengecualian,
  2. Nilai Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran dengan nilai 99,9 dan
  3. Layanan Keuangan yang Memuaskan (excellent).

Sebelum menutup acara, Tarsono menyarankan agar setiap satker dalam kegiatan pelaporan keuangannya harus tepat waktu dan akurat sehingga akhir tahun, Kemenkumham Kaltim dapat mencapai target yang diharapkan Kemenkumham RI. (Red. Humas Kaltim)

Keuangan 3

Keuangan 3


Cetak   E-mail