KANWIL KEMENKUMHAM KALTIM MELAKSANAKAN RAPAT PENYUSUNAN RENCANA PENYERAPAN ANGGARAN, RENCANA PENGADAAN BARANG/JASA DAN KALENDER KERJA TA 2020

01. IMG 4491 xSamarinda, 7 Oktober 2019

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Timur menggelar acara Penyusunan Rencana Penyerapan Anggaran, Rencana Pengadaan Barang/Jasa dan Kalender Kerja TA. 2020 dalam rangka penguatan tugas dan fungsi di Kantor Wilayah Kemenkumham Kaltim dan jajarannya, kegiatan bertempat di ruang Aula Kantor Wilayah,  di hadiri para Kepala Divisi Kanwil Kemenkumham Kaltim, Pejabat Struktural, para Kepala UPT di lingkungan Kanwil Kemenkumham Kaltim.

Dalam sambutannya Kepala Divisi Administrasi (Hajrianor) Selaku Plh. Kakanwil menyampaikan Penyerapan anggaran selalu saja menjadi persoalan yang terjadi setiap tahun. Berbagai upaya telah dilakukan untuk mengoptimalkan penyerapan anggaran negara tapi fakta menunjukkan bahwa belum ditemukan adanya perubahan berarti terkait dengan penyerapan anggaran. Penyerapan anggaran yang optimal dan sesuai dengan perencanaan awal akan menyebabkan terciptanya kegiatan yang berjalan sesuai dengan semestinya, sebaliknya jika terjadi rendahnya penyerapan anggaran maka secara tidak langsung akan menyebabkan kerugian negara.

Secara umum penyerapan anggaran belanja dilaksanakan pada setiap bulan-bulan terakhir sehingga pada tahun anggaran terakhir terjadi peningkatan tajam pencairan dana. Trennya adalah tiga bulan terakhir selalu melonjak secara drastis. Pada semester kedua terutama dibulan terakhir, penyerapan anggaran melonjak secara drastis bahkan ada yang terkesan agak dipaksakan. Artinya rencana penarikan yang tercantum dalam Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) yang sudah direncanakan oleh pengguna anggaran/kuasa pengguna anggaran dan disetujui oleh Menteri Keuangan tidak dilaksanakan sesuai perencanaan.

Untuk mendorong percepatan penyerapan anggaran, pemerintah telah menyiapkan beberapa langkah strategis. Langkah-langkah tersebut antara lain dengan usaha peningkatan kapasitas para pengelola Keuangan Satuan kerja dalam menyusun Rencana Penarikan Anggaran (Disbursement Plan), Perencanaan Pengadaan (Procurement Plan), menyempurnakan regulasi/peraturan yang terkait dengan penganggaran, tata cara rivisi DIPA dan tata cara penerbitan ijin kontrak tahun jamak (multiyears contract) di setiap Kementerian/Lembaga.

Dengan adanya kegiatan penyusunan rencana penyerapan anggaran, rencana pengadaan barang/jasa dan kalender kerja TA 2020 di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Timur diharapkan Percepatan Pelaksanaan Anggaran dapat disusun dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tahapan yang telah ditetapkan secara sistimatis dan sesuai dengan target yang telah ditentukan. Selanjutnya, dapat diambil langkah-langkah untuk selalu melakukan koordinasi, membangun komunikasi yang baik dan sinergitas yang baik, tidak hanya pada jajaran Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Timur tetapi juga pada  instansi – instansi terkait, agar di tahun 2020 penyerapan anggaran dapat berjalan secara optimal dan dapat dijalani dengan kinerja yang maksimal.

Kegiatan penyusunan rencana penyerapan anggaran, rencana pengadaan barang/jasa dan kalender kerja TA 2020 di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Timur diadakan dengan tujuan untuk menyamakan antara Rencana Penyerapan Anggaran, Rencana Pengadaan Barang/Jasa dengan Kalender Kerja yang telah disusun sebelumnya untuk kembali disesuaikan agar penyerapan di Tahun Anggaran 2020 ini dapat terwujud. Untuk itu perlu adanya dukungan dari masing-masing divisi dan Satuan Kerja untuk senantiasa bersinergitas dan dapat dilaksanakan secara tertib, akurat, transparan dan akuntabel sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku. (Red-Humas)

02. IMG 4514 x03. IMG 4523 x03. IMG 4523 x03. IMG 4523 x03. IMG 4523 x03. IMG 4523 x03. IMG 4523 x03. IMG 4523 x


Cetak   E-mail