Home

Profil

Produk Hukum

Satuan Kerja

Layanan Publik

Informasi

QR Code Survei Mandiri

Pencarian Data

1. Cover

Samarinda, 17 Oktober 2019. Dalam rangka monev ke Kalimantan Timur, setelah  melaksanakan pertemuan di Kanwil Kemenkumham Kaltim, kali ini Staf Ahli Menteri Agus Hariadi melanjutkan rangkaian kegiatannya mengunjungi UPT pemasyarakatan yang ada di Wilayah Kalimantan Timur, didampingi oleh Kakanwil Yudi Kurniadi, Kadiv Administrasi Hajrianor dan Kadiv Pemasyarkatan Marselina Budiningsih kegiatan dimulai dengan mengunjungi Lapas Kelas IIA Samarinda, beliau disambut langsung oleh kepala Lapas Kelas IIA Samarinda Bapak M.Ikhsan, disana beliau  mengunjungi para WBP serta melihat kondisi kesehatan, sarana dan prasarana yang mereka dapatkan disana dan beliau merasa cukup puas dengan kondisi yang ada dan berharap kepada seluruh petugas Lapas Samarinda untuk tetap memberikan layanan terbaik kepada para WBP dan juga para pengunjung.

Hal yang sama juga dilakukan oleh Staf Ahli Menteri ketika mengunjungi Rutan Kelas IIA Samarinda untuk melihat kondisi dan keadaan dari WBP serta fasilitas yang ada, Staf Ahli juga menyempatkan diri untuk meninjau langsung warga binaan yang sedang dalam pelatihan peningkatan kemampuan diri seperti pelatihan pembuatan baju adat khas Kalimantan Timur serta kerajinan khas Kalimantan Timur lainnya, Bapak Agus sangat mengapresiasi hal ini menurut beliau kegiatan tersebut adalah salah satu bentuk untuk memasyarakatkan warga binaan supaya  memiliki keterampilan sebagai bekal mereka nantinya.

Staf Ahli Menteri juga menyempatkan melihat poliklinik yang ada pada Rutan Samarinda, melihat kondisi dari warga binaan yang sedang dalam kondisi tidak sehat serta melihat sarana dan prasarana yang ada pada poliklinik, beliau mengapresiasi layanan yang diberikan pada poliklinik di Rutan dan mengharapkan terus adanya peningkatan pelayanan kedepannya.

Di Lapas Narkotika IIA Samarinda Staf Ahli menyempatkan diri untuk shalat berjamaah bersama dengan para WBP Lapas Narkotika, seusai shalat Staf Ahli Menteri memberikan sedikit ceramah kepada para jamaah masjid, beliau menghimbau para WBP untuk menggunakan waktu sebaik baiknya  untuk belajar, memperbaiki diri meningkatkan ilmu dan keimanan, serta diharapkan juga agar selalu hidup rukun dengan sesama walaupun berbeda suku agama dan ras.

Dalam kesempatan tersebut Staf Ahli Menteri juga menyampaikan bahwa setiap warga binaan berhak mendapatkan hak-haknya tanpa terkecuali, dalam waktu dekat Undang-Undang Pemasyarakatan yang baru, “mungkin sekarang saudara-saudara ada yang terganjal yang belum bisa mendapatkan remisi tetapi dengan Rancangan Undang Undang Pemasyarakatan yang baru hal-hal yang menghambat telah dihapuskan, namun tetap harus diingat juga bahwa untuk mendapatkan remisi tentu harus adanya peningkatan perbaikan diri dari warga binaan” sebut Agus Hariadi, pernyataan itu disambut suka cita oleh para  warga binaan di Lapas Narkotika Samarinda.

Bapak Agus berharap semoga semua selalu mendapat perlindungan dan rahmat dari Allah SWT. Mengakhiri ceramahnya Bapak Agus bersilaturahmi dan bersalam-salaman dengan para warga binaan diiringi dengan lantunan shalawat kepada Rasulullah SAW.

Selesai kunjungan pada UPT di Samarinda kunjungan Staf Ahli Menteri dilanjutkan ke UPT yang berada di Tenggarong, kunjungan dimulai dengan menyambangi Lapas Perempuan, yang disambut langsung  oleh Kalapas Lapas Perempuan. Sama seperti kunjungan sebelumnya Bapak Agus melakukan pengecekan sarana dan prasarana yang dimiliki oleh Lapas Perempuan, perihal ransum makanan juga menjadi perhatian beliau menanyakan tentang kualitas dan stok makanan yang ada di sana, setelah melihat stok dan kualitas makanan para warga binaan Staf Ahli lalu menuju ke hunian WBP disana beliau melihat kondisi para WBP dan menanyakan kondisi dan kualitas sarana dan prasarana  yang di dapatkan. Beliau berharap kepada para petugas agar berupaya terus melakukan peningkatan layanan agar para WBP yang ada serta para pengunjung merasa puas dan hal tersebut tentu akan mengurangi potensi berbagai penyimpangan dan kerawanan yang bisa terjadi. Hal yang sama juga diminta oleh Staf Ahli ketika mengunjungi LPKA Samarinda,  sama seperti sebelumnya disana Bapak Agus melakukan monitoring terhadap sarana dan prasarana yang diterima oleh para anak-anak binaan, beliau juga menanyakan langsung perihal keadaan para anak binaan yang berada disana.

Rangkaian kunjungan diakhiri dengan monitoring pada Lapas Tenggarong, disana Staf Ahli mengunjungi bengkel pelatihan kerajinan WBP, dan sangat terkesan dengan kualitas yang dihasilkan oleh para WBP, kegiatan diakhiri dengan Shalat Maghrib berjamaah di Lapas Kelas IIB Tenggarong. (Red Humas)

3. Kunker3. Kunker3. Kunker3. Kunker3. Kunker

5. Kunker

2. Kunkerr

7. Kunker