WORKSHOP PENGUATAN APLIKASI CBHRIS DAN E-LEARNING DI LINGKUNGAN KANWIL KEMENKUMHAM KALTIM

1.COVER2

Samarinda, 17 Maret 2020

Bertempat di Aula Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Timur pada pukul 09.30 Wita, dilaksanakan Workshop Penyelenggaraan Penguatan Aplikasi CBHRIS dan E-Learning.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Timur (Yudi Kurniadi), Widyaiswara Utama Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hukum dan HAM (Fransiskus Haru Tamtomo) beserta tim fasilitator teknis dan evaluator Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hukum dan HAM, Kepala Divisi Administrasi (Hajrianor), Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (Nur Ichwan), Para Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas, Pejabat Fungsional dan Pelaksana pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Timur serta Para Peserta Workshop Penguatan Aplikasi CBHRIS dan E-Learning.

Dalam laporannya, Kepala Divisi Administrasi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Timur menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan agar peserta mampu melaksanakan metode pembelajaran jarak jauh atau yang disebut dengan E-learning, memahami aplikasi CBHRIS, mampu menggunakan fitur-fitur layanan di Aplikasi CBHRIS, serta mampu mengaplikasikan metode pembelajaran jarak jauh dengan baik. Kegiatan ini diikuti oleh 30 orang peserta, Narasumber 2 orang, fasilitator teknis 2 orang dan evaluator 1 orang dilanjutkan dengan sambutan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Timur sekaligus membuka jalannya acara pada hari ini. Dalam sambutan Kepala Kantor Wilayah, disampaikan bahwa CBHRIS (Competency Base Human Resource Information System) Merupakan aplikasi berbasis web yang digunakan untuk mengelola data kompetensi pegawai Kementerian Hukum dan HAM yang terintegrasi dengan E-learning BPSDM Hukum dan HAM sehingga memudahkan dalam registrasi dan memonitor diklat yang diikuti para peserta diklat baik di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM ataupun di luar Kementerian Hukum dan HAM.

Dalam acara pembukaan Workshop disampaikan mengenai CORPU oleh Widyaiswara Utama Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hukum dan HAM (Fransiskus Haru Tamtomo). CORPU adalah strategi atau alat manajemen untuk membantu organisasi dalam mencapai tujuan strateginya melalui pelaksanaan aktivitas yang menempa pembelajaran dan pengetahuan individual dan organisasi. Konsep CORPU merupakan konsep yang inline dengan visi misi Presiden terpilih tahun 2020 -2024 dan arahan strategis Presiden serta Janji Kinerja Kementerian Hukum dan HAM tahun 2020 yaitu membangun Sumber Daya Manusia Unggul melalui Implementasi Kementerian Hukum dan HAM Corporate University. Pembangunan SDM unggul harus dilakukan sebagai langkah konkret dalam menjawab pesatnya perkembangan teknologi informasi dewasa ini khususnya di Kementerian Hukum dan HAM yang memiliki jumlah pegawai melebihi 60.000 orang yang tentu saja harus belajar adaptif terhadap perubahan yang terjadi. CORPU diharapkan dapat menjawab segala permasalahan yang berhubungan dengan keterbatasan kesempatan yang dimiliki bagi pegawai dalam mengikuti pendidikan dan pelatihan secara klasikal dalam rangka mewujudkan Pembangunan SDM Kementerian Hukum dan HAM yang unggul. Untuk mewujudkan CORPU dalam Kementerian Hukum dan HAM harus ada komitmen pimpinan tertinggi, internalisasi sikap/budaya CORPU, menyusun strategi pembelajaran CORPU, mempersiapkan Infrastruktur IT yang mendukung CORPU serta blue print dan regulasi sehingga tujuan CORPU yaitu dalam meningkatkan performa organisasi, pengembangan SDM, efisiensi, peningkatan kapabilitas pegawai dan sinkronisasi dengan bisnis strategi unit eselon I dapat tercapai.

Setelah paparan dari Widyaiswara Utama Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hukum dan HAM kemudian ditutup dengan sesi foto bersama dan dilanjutkan dengan materi penguatan penggunaan Aplikasi CBHRIS dan E-Learning di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Timur oleh tim dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hukum dan HAM (Hendri Kuntoro, Esra Febrina Siregar dan Adriadi). (Red. Humas Kaltim)

2.ISII22.ISII22.ISII2


Cetak   E-mail