WUJUDKAN KEHUMASAN YANG BERKUALITAS, KANWIL KEMENKUMHAM KALTIM MENGIKUTI PENGUATAN KEHUMASAN SECARA DARING DENGAN TEMA NEWSJACKING

1. cover berita

Samarinda, 18 Mei 2020

          Sebagai upaya membangun Humas Kementerian Hukum dan HAM yang kuat dan bersinergi serta mampu menjadi penghubung penting antara pemerintah dan publik, terutama dalam hal yang berkaitan dengan kebijakan dan pelayanan publik, maka sangat penting kiranya kapasitas humas harus ditingkatkan demi menjaga citra positif Kementerian Hukum dan HAM dimata masyarakat dan meraih kepercayaan publik.

          Bertempat di Ruang Rapat Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Timur, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Timur mengikuti video conference melalui Aplikasi Zoom tentang Penguatan Kehumasan di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM  diikuti oleh pejabat dan pegawai humas di unit eselon I, kantor wilayah dan unit pelaksana teknis. Kegiatan diselenggarakan oleh Biro Humas dan Kerjasama Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM yang dipimpin oleh Staf Khusus Menteri Hukum dan HAM (Fajar Lase) dengan moderator Rini Wulandari dan Narasumber adalah Konsultan Media Kementerian Hukum dan HAM (Bane Raja Manalu). Untuk peserta Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Timur dihadiri oleh Kepala Bagian Program dan Hubungan Masyarakat (Agus Sartono), Kepala Bidang Pembinaan, Bimbingan dan Teknologi Informasi (R. Nurwulan Hadi Prakoso), Kepala Sub Bagian Humas, Reformasi Birokrasi dan Teknologi Informasi (Tavib Noor Hidayat) serta pelaksana pada Sub Bagian Humas, Reformasi Birokrasi dan Teknologi Informasi

          Staf Khusus Menteri Hukum dan HAM (Fajar Lase) membuka acara dan menyampaikan opening statement sebagai berikut :

  • Kehumasan harus bersinergi mulai dari unit pusat sampai unit pelaksana teknis.
  • Seluruh humas harus menjadi juru bicara bagi Kementerian pada khususnya dan Pemerintah pada umumnya.
  • Penguatan dilakukan karena humas Kementerian Hukum dan HAM relatif lemah untuk membangun kepercayaan diri dibandingkan lembaga lainnya ditengah cepatnya arus informasi yang beredar.
  • Humas harus menjadi garda terdepan dalam menyampaikan informasi yang terjadi di lingkungan kerjanya.
  • Humas berperan sebagai agenda setting terkait isi pemberitaan yg beredar di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM guna membentuk opini di masyarakat.
  • Humas menjadi tempat untuk menampung input dari masyarakat serta menganalisa berita tersebut dilanjutkan dengan respon yang cepat untuk menyampaikan berita yang benar kepada masyarakat.
  • Arahan Menteri Hukum dan HAM, agar humas itu kuat sehingga perlu pembekalan secara berkelanjutan.
  • Tema pembekalan adalah

Sementara dari narasumber Bane Raja Manalu, menyampaikan bahwa humas itu adalah hubungan masyarakat yang perannya berhubungan langsung dengan masyarakat bukan dengan media. Humas sebelum sekarang hanya berhubungan dengan media, kegiatan – kegiatan yang terjadi di lingkungan kerja yang ingin dipublikasikan ke masyarakat harus selalu memanggil media. Terkait dengan tema penguatan humas yaitu Newsjacking, agar memperhatikan beberapa hal sebagai berikut :

  • Humas selalu manfaatkan isu yang sedang populer, khususnya isu yang terlalu viral untuk diabaikan.
  • Name Make News adalah orang yang mempunyai jabatan, kendali terhadap publik dan figur yang mudah membuat berita.
  • Syarat quotable adalah kenal dengan wartawan, mempunyai akun media sosial/blog dan akun instansi.
  • Jika ingin memanfaatkan Newsjacking agar media mainstream dan media sosial saling menguatkan.

Setelah penyampaian materi dari narasumber dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antara narasumber dengan peserta kegiatan.

Staf Khusus Menteri Hukum dan HAM (Fajar Lase) menyampaikan dalam closing statement  agar Humas Kantor Wilayah mengkoordinir pelaksana kehumasan pada Unit Pelaksana Teknis agar terdapat keseragaman dan sinergitas dalam tugas kehumasan, dan dalam rangka penguatan dan peningkatan kapasitas kehumasan akan diadakan pembekalan secara berkelanjutan serta pembekalan seperti ini akan dibuatkan sertifikat kedepannya. Fajar Lase juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu kelancaran pelaksanaan kegiatan ini dan mengapresiasi unit Kantor Wilayah dan Unit Pelaksana Teknis yang sudah antusias bergabung pada kegiatan ini. (Red. Humas Kanwil Kaltim)

2. isi berita bagus 2. isi berita bagus 2. isi berita bagus


Cetak   E-mail