KAJIAN PENINGKATAN KUALITAS PENYELENGGARAAN PELAYANAN PUBLIK BERBASIS IPK DAN IKM PADA KANWIL KEMENKUMHAM KALTIM

1. Cover

Samarinda, 2 Juli 2020.

Diselenggarakan secara virtual, Kantor Wilayah Kemenkumham Kaltim mengikuti kegiatan presentasi hasil Kajian Peningkatan Kualitas Penyelenggaraan Pelayanan Publik berbasi IPK (Indeks Persepsi Korupsi) dan IKM (Indeks Kepuasan Masyarakat) pada Kanwil Kemenkumham Kaltim. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Bidang HAM (Sutrisno), Kepala Bidang Pelayanan Hukum (Mis Joni), Kepala Bidang Hukum (Umi Laili), Kepala Bidang Pembinaan, Bimbingan, dan Teknologi Informasi (R. Nurwulan Hadiprakoso), Kepala Subbidang Informasi Keimigrasian (Khairil Anwar), Panitia pelaksana di Kanwil Kemenkumham Kaltim, dan juga perwakilan dari UPT Pemasyarakatan, yakni Rutan Samarinda, Bapas Samarinda, LPP Samarinda serta LP Tenggarong.

Menghadirkan narasumber dari Universitas Mulawarman Samarinda, ibu Fajar Apriani dosen Fak. Sospol, kegiatan ini dilakukan melalui video conference di ruang rapat Kantor Wilayah Kemenkumham Kaltim.

Dalam paparannya, Fajar Apriani menginformasikan tujuan dari kegiatan kajian ini untuk mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi oleh unit kerja berdasarkan indikator penilaian survei mandiri IPK dan IKM serta merumuskan rekomendasi tindak lanjut perbaikan yang ditujukan kepada Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham  untuk meraih predikat WBK/WBBM.

Dari hasil survei yang didapatkan, 4 dari 23 UPT di lingkungan Kalimantan Timur dan Utara, sudah sangat baik. Namun ada yang perlu ditingkatkan kembali terutama di bagian waktu penyelesaian pelayanan, produk spesifikasi jenis pelayanan serta penanganan pengaduan, saran dan masukan, karena berdasarkan hasil survei masih dalam keadaan BAIK, yang merupakan tugas dari UPT tersebut untuk meningkatkan kembali pelayanan yang telah diberikan sehingga ke depannya hasil survei dapat ditingkatkan menjadi SANGAT BAIK.             

Di akhir kegiatan, Sutrisno selaku Kabid HAM berharap hasil kajian ini dapat menjadi bahan evaluasi bagi Kantor Wilayah maupun perwakilan UPT yang hadir untuk meningkatkan pelayanan bagi masyarakat agar ke depannya predikat WBK/WBBM dapat diraih oleh seluruh satuan kerja. (Red. Humas Kaltim)

2. Survey

2. Survey


Cetak   E-mail