KAKANWIL MEMBUKA KEGIATAN PRA REKONSILIASI DATA LAPORAN KEUANGAN DAN PEMUTAKHIRAN DATA BARANG MILIK NEGARA (BMN) SEMESTER II TAHUN ANGGARAN 2020

front

Samarinda, 14 Januari 2020.

Pelaksanaan kegiatan Pra Rekonsiliasi Data Laporan Keuangan dan Pemutakhiran Data Barang Milik Negara (BMN) Semester II Tahun Anggaran 2020 kali ini terasa sedikit berbeda, pasalnya kegiatan yang melibatkan seluruh Satker wilayah kerja Kalimantan Timur ini dilaksanakan dengan metode daring/online menggunakan aplikasi zoom meeting dari tanggal 14-16 Januari 2021, metode ini dilakukan tidak lain dikarenakan situasi pandemi Covid-19 yang mengharuskan kita untuk mengurangi berkumpulnya banyak orang. Kegiatan ini dibuka oleh Kakanwil (Sofyan) serta dihadiri secara online dan didampingi Biro Keuangan (Ernita Anna) dan Biro Pengelolaan BMN (Ni Ketut Sumiteri) serta Pendamping dari Eselon I lainnya. Adapun peserta dalam kegiatan kali ini yakni para operator aplikasi SAIBA dan SIMAK BMN pada setiap Unit Pelaksana Teknis Jajaran Kantor Wilayah Kalimantan Timur.

Dalam sambutannya, Sofyan menyampaikan bahwa kegiatan Pra Rekonsilisasi ini bertujuan untuk menyusun laporan keuangan, menjamin kebenaran dan kesesuaian data serta menyamakan data Belanja Modal dan Aset pada Simak BMN dan realisasi anggaran pada Saiba.

“Hal-hal yang dapat mengganggu keakuratan data rekon agar segera ditindaklanjuti dan diselesaikan dengan akuntabel, saya harap kegiatan kali ini dilaksanakan sesuai dengan tata nilai Kementerian kita yakni PASTI (Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan dan Inovatif) dengan tetap memperhatikan kaidah yang sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintah Pusat yakni aspek relevan, andal, dapat dibandingkan dan mudah dipahami. Hal tersebut tentu saja termasuk salah satu aspek yang dapat menunjang usaha kita dalam pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM” jelas Sofyan.

Sofyan juga menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan upaya kita agar Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia dapat kembali mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sebagaimana tahun-tahun sebelumnya.

“Saya sangat mengapresiasi dan memberikan penghargaan yang tinggi kepada para operator SAIBA dan SIMAK BMN di seluruh Unit Pelaksana Teknis atas segala usaha dan kerja keras dalam proses penyusunan laporan keuangan tahun anggaran 2020, saya harap kerja keras dan usaha yang telah dilakukan agar terus dipertahankan dan ditingkatkan. Selamat melaksanakan kegiatan hari ini, semoga apa yang telah kita upayakan dapat berjalan dengan baik serta mendapat ridha dari Tuhan yang maha Esa” ujar Sofyan sekaligus membuka kegiatan Pra Rekonsiliasi Data Laporan Keuangan dan Pemutakhiran Data Barang Milik Negara (BMN) Semester II Tahun Anggaran 2020 Kanwil Kemenkumham Kaltim secara daring. (Red Humas Kumham Kaltim)

kakanwil 1

kakanwil 1

kakanwil 1

 

Cetak