RENCANA PEMBANGUNAN KANWIL KEMENKUMHAM KALTARA, KAKANWIL SILATURAHMI DENGAN GUBERNUR KALTARA

FRAME 2021

Bulungan, 15 Juni 2021.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Timur (Sofyan) bertemu dengan Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Zainal A. Paliwang di ruang pertemuan Kantor Gubernur Kaltara. Kunjungan ini dalam rangka silaturahmi dan koordinasi membahas beberapa masalah yang berkaitan dengan rencana pembentukan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kaltara baru yang diusulkan untuk segera dibangun di Provinsi Kaltara serta dalam rangka.

Dalam pertemuan tersebut Kakanwil Kemenkumham Kaltim, Sofyan didampingi oleh para Kepala UPT yang berada di wilayah Provinsi Kaltara dan Kabupaten Berau .

Secara umum dalam pertemuan ini Kakanwil menyampaikan kepada Gubernur Kaltara bahwa wilayah kerja Kanwil Kemenkumham Kaltim masih meliputi wilayah Provinsi Kaltara. Beberapa hal terkait pelaksanaan tugas Satuan Kerja (Satker) yang berada di Provinsi Kaltara masih merupakan tanggung jawab dan dalam pengawasan Kanwil Kemenkumham Kaltim. Selanjutnya beberapa kendala terkait pelaksanaan tugas dan fungsi dikemukakan pula oleh Kakanwil baik terkait permasalahan di bidang Pemasyarakatan seperti dalam hal over capacity maupun Keimigrasian yakni dalam hal perbatasan dengan negara tetangga .

“Pembangunan Kantor Wilayah dan UPT di Kabupaten Bulungan ini sangat penting, dimana diharapkan jika nantinya pembangunan telah terlaksana, kita bisa lebih mendekatkan diri dalam hal pelayanan terhadap masyarakat yang membutuhkan bantuan dari Kemenkumham khususnya di Provinsi Kalimantan Utara,” Ujar Sofyan.

Dalam pertemuan ini Gubernur Kaltara, Zainal A. Paliwang sangat menyambut baik kunjungan dari jajaran Kanwil Kemenkumham Kaltim dan sedianya beliau akan secara optimal membantu Kanwil Kemenkumham Kaltim dan khususnya Satker dalam melaksanakan tugas dan fungsinya di Provinsi Kaltara. Beliau berpendapat bahwa memang sangat penting keberadaan Kantor Wilayah  serta UPT(Unit Pelaksana Teknis) tambahan untuk Provinsi Kalimantan Utara. Pemprov Kaltara senantiasa akan melakukan koordinasi dan kolaborasi dengan Kanwil Kemenkumham Kaltim untuk secara bertahap dalam rangka percepatan pembangunan Kanwil Kemenkumham Kaltara dan juga mencari solusi terhadap permasalahan yang timbul baik di lingkungan Pemasyarakatan maupun Keimigrasian .

Terkait kolaborasi di bidang Pelayanan Hukum dan HAM, Kakanwil menyampaikan kepada Gubernur Kaltara bahwa Kanwil Kemenkumham Kaltim bersedia membantu terkait fasilitasi dan harmonisasi pembuatan produk hukum baik itu Rancangan Peraturan Daerah maupun Peraturan Gubernur. Hingga saat ini Kanwil Kemenkumham Kaltim telah memiliki cukup banyak tenaga Perancang Peraturan Perundang-undangan yang siap membantu Pemprov Kaltara. Begitu juga pemberian bantuan hukum dan penyuluhan hukum bagi masyarakat yang kurang mampu serta melakukan pendampingan secara utuh terhadap masyarakat miskin yang dalam atau sedang berhadapan dengan hukum. Gubernur Kaltara menyambut baik perihal tersebut dan nantinya akan selalu berkoordinasi melalui Kepala Bagian Hukum Pemprov Kaltara untuk dapat memantapkan kolaborasi dengan Kanwil Kemenkumham Kaltim.

Sebelum mengakhiri kunjungannya, Kakanwil dan jajaran mengucapkan terima kasih kepada Bapak Gubernur Kaltara yang telah menyambut baik pertemuan ini dengan begitu antusias dan memberikan banyak saran positif, Kakanwil berharap silaturahmi dapat terjalin dengan baik guna memperkuat kolaborasi eksternal Kanwil Kemenkumham Kaltim dengan instansi daerah khususnya Pemprov Kaltara. Gubernur pun menyampaikan hal yang sama dan menginginkan koordinasi terus dilakukan sehingga dapat menghasilkan solusi terbaik dari setiap kendala dan permasalahan yang dihadapi secara bersama-sama. (Red Humas Kumham Kaltim/MPP)

kaltara 1

kaltara 1

kaltara 1


Cetak   E-mail