PERKUAT YANKOMAS DI KALTIMTARA, TIM YANKOMAS DITJEN HAM SAMBANGI KANWIL KEMENKUMHAM KALTIM

1. Cover

Samarinda – Sebagai perpanjangan tangan Kementerian Hukum dan HAM RI di wilayah, Kanwil Kemenkumham Kaltim mempunyai tugas penguatan dan pelayanan hak asasi manusia untuk mewujudkan penghormatan, pemenuhan, pemajuan, perlindungan dan penegakan (P5HAM) di Kalimantan Timur.

Untuk itu, Direktorat Jenderal Hak Asasi Manusia melalui Direktur Pelayanan Komunikasi Masyarakat (Yankomas) mengunjungi Kanwil Kemenkumham Kaltim sebagai upaya menyatukan persepsi, visi dan misi dalam upaya Pemajuan dan Penegakan HAM di Wilayah mengingat Kanwil Kemenkumham Kaltim pada Tahun 2021 meraih penghargaan dari Menteri Hukum dan HAM sebagai Kantor Wilayah yang Responsif dan Proaktif Dalam Penanganan Dugaan Pelanggaran HAM.

Rombongan Tim Yankomas dipimpin oleh Henny Tri Rama Yanti (Koordinator Yankomas Wilayah II) serta Suryadianto dan Fitri Diana Wuryanti (Sub Koordinator Wilayah II) ditemui langsung oleh Sofyan (Kepala Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Timur) didampingi oleh Umi Laili (Kepala Bidang HAM) serta Favourita Sirait (Kasubbid Pemajuan HAM) di Ruang Kepala Kantor Wilayah.

“Saya sangat memahami betapa berat tugas Tim Yankomas dalam menangani dugaan pelanggaran HAM yang dilaporkan oleh masyarakat dikarenakan sempat menjabat sebagai Direktur Yankomas pada Ditjen HAM. Aplikasi SIMASHAM adalah salah satu bentuk inovasi selama menjabat Direktur Yankomas sebagai sarana masyarakat untuk mempermudah layanan pengaduan kepada Kementerian Hukum dan HAM, aplikasi tersebut sudah terdaftar dan terlindungi oleh Pencatatan Ciptaan dari Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual” ujar Sofyan.

Selain bertemu Kepala Kantor Wilayah, Tim Yankomas juga ditemui langsung oleh Hajrianor (Kepala Divisi Administrasi) di Ruang Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Kaltim, Hajrianor yang juga merupakan Plh. Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM menyampaikan terima kasih terhadap perhatian dan kunjungan Tim Yankomas Ditjen HAM yang telah melakukan rangkaian kegiatan yang sangat padat di Kalimantan Timur. Mengingat Kanwil Kemenkumham Kaltim saat ini masih membidangi 2 (dua) provinsi yaitu Kaltim dan Kaltara sehingga koordinasi yang intens sangat perlu dilakukan sebagai bentuk kolaborasi positif antara pusat dan wilayah.

Pada akhir pertemuan, Henny menyampaikan terima kasih kepada seluruh pejabat dan pegawai khususnya pada Bidang HAM yang menerima kedatangan tim dengan baik. “Harapannya koordinasi dan kerja sama yang baik antara pusat dan wilayah dapat terjalin dengan baik serta masukan-masukan yang membangun dari wilayah ke pusat demi terwujudnya Pemajuan dan Penegakan HAM yang berkualitas di Kaltim dan Kaltara”, tutupnya. (Red. Humas Kumham Kaltimtara / RT - OR)

5. yankomas

5. yankomas

5. yankomas

5. yankomas

 

           


Cetak   E-mail