EVALUASI AKSI HAM B.04 DAN GUNA MENINGKATKAN CAPAIAN PELAPORAN B.08, SUBBID PEMAJUAN HAM TERIMA KUNJUNGAN BIRO HUKUM PEMPROV KALIMANTAN UTARA

1. Cover

SAMARINDA - Masa pelaporan Aksi HAM periode B04  telah berakhir, dengan hasil yang dapat dilihat pada https://serambi.ksp.go.id/. Terlihat hasil capaian pada Provinsi, Kabupaten dan Kota masih terdapat beberapa kekurangan dengan catatan oleh masing-masing evaluator. Dalam rangka evaluasi dan persiapan pengumpulan data dukung setiap indikator sesuai dengan Perpres Nomor 53 Tahun 2021  tentang Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia Tahun 2021-2025, Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara melalui Biro Hukum melakukan kunjungan kerja ke Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Timur (29/06).

Tim yang hadir adalah Setiawan Silaban dan Kristi Fosa Akwila ini diterima secara langsung oleh Kepala Subbid Pemajuan HAM (Favourita Sirait), Analis Hukum (Rudy Tandela) dan Penyusun Laporan dan Hasil Evaluasi (Bariasih) di Ruang Kepala Bidang HAM Kanwil Kemenkumham Kaltim. Kristi menyampaikan bahwa tujuan kunjungan kerja ini adalah sebagai sarana mencari informasi terkait upaya pengumpulan data dukung dan meningkatkan capaian pelaporan B.08 yang masih terdapat beberapa kendala di lapangan.

Di akhir kegiatan, disampaikan bahwa hasil evaluasi B.04 terdapat 5 aksi   yang tidak mencapai target dari 8 aksi yang dinilai, untuk itu perlu persiapan matang dari Biro Hukum sebagai pengumpul data dukung di wilayah terhadap seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait periode B.08. “Kami harap nilai dari B.08 Aksi HAM Kaltara dapat meraih hasil maksimal, begitupun dengan B.12 nya nanti dan jangan pernah sungkan untuk bertanya ke Kanwil Kemenkumham Kaltim jika terdapat kendala untuk dapat dicarikan jalan keluar bersama”, tutup Favourita. (Red. Humas Kumham Kaltimtara / OR - RT)

3. lapor

3. lapor


Cetak   E-mail