Kunjungi Kanim Nunukan Dirjen Imigrasi Sampaikan Penguatan Sinergi, Tusi Dan Integritas

animNNK 1

Nunukan, 15 Mei 2024

Melanjutkan rangkaian kegiatan di Kabupaten Nunukan, Dirjen Imigrasi, Silmy Karim, bersama Kakanwil Kemenkumham Kaltim, Gun Gun Gunawan, Direktur Kerjasama Keimigrasian Anggiat Napitupulu, Direktur Intelijen Keimigrasian Brigjen Pol RP Mulya, dan Kepala Divisi Keimigrasian Said Noviansyah, melakukan kunjungan kerja pada Kantor Imigrasi Kelas I TPI Nunukan

Kunjungan Dirjen Imigrasi ini disambut hangat oleh Kepala Kantor Imigrasi Nunukan, Ryan Aditya, beserta seluruh jajarannya.

Dalam penguatan yang diberikan kepada Jajaran, Dirjen Imigrasi menekankan pentingnya sinergi dengan seluruh stakeholder di Kabupaten Nunukan. "Koordinasi yang baik dengan seluruh pihak terkait di wilayah ini sangat penting untuk meningkatkan kualitas layanan publik," ujar Silmy Karim. Ia juga mengingatkan bahwa integritas jajaran unit kerja adalah hal yang krusial dalam menjalankan tugas keimigrasian, terutama dalam upaya mencegah Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) dan Tindak Pidana Penyelundupan Manusia (TPPM), melihat bahwa wilayah kerja Kanim Nunukan termasuk didalmnya wilayah Sebatik yang berbatasan langsung dengan negara Malaysia.

Dirjen Imigrasi juga menyoroti pentingnya regenerasi pegawai serta mengajak seluruh pegawai untuk selalu bersyukur dan berusaha menjadi individu yang berguna bagi orang lain.

"Kunci dalam memimpin adalah komunikasi," tegasnya, mengingatkan bahwa pemimpin harus mampu berkomunikasi dengan baik untuk memotivasi dan membimbing jajarannya.

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan sharing dengan para pegawai Kantor Imigrasi Nunukan. Diskusi mencakup berbagai isu seperti kinerja di wilayah perbatasan, khususnya di Kecamatan Sebatik yang berbatasan langsung dengan Malaysia, peningkatan sarana prasarana, dan pengembangan sumber daya manusia.

Kakanwil Kemenkumham Kaltim-Kaltara, Gun Gun Gunawan, menyampaikan terima kasih atas kunjungan Dirjen Imigrasi di wilayah Kabupaten Nunukan saat ini.  Dimana dalam kunjungan ini Dirjen Imigrasi langsung mencari mitigasi masalah baik penguatan tugas dan fungsi, SDM yang ada di Kanim Nunukan serta perihal perbatasan serta sarana prasarana.

Kakanwil juga menyampaikan hal yang langsung menjadi concern dari Dirjen Imigrasi di setiap kunjungan di daerah adalah terkait sinergi dan koordinasi dengan stakeholder terkait yang ada di daerah tersebut, hal ini merupakan Upaya dari Dirjen Imigrasi dalam mempermudah para petugas keimigrasian dalam menjalankan tugas di lapangan.

Kegiatan dilanjutkan dengan monitoring langsung oleh Dirjen Imigrasi Silmy Karim terhadap sarana prasarana dan layanan yang ada di Kantor Imigrasi Nunukan. Dengan adanya kunjungan ini, diharapkan kualitas layanan keimigrasian di wilayah Kabupaten Nunukan dapat semakin meningkat, khususnya dalam menghadapi tantangan di wilayah perbatasan.

animNNK 1animNNK 1animNNK 1animNNK 1animNNK 1animNNK 1animNNK 1animNNK 1

animNNK 1


Cetak   E-mail