Tingkatkan layanan Keimigrasian hingga ke ujung negeri, dirjen imigrasi resmikan ULP Sebatik

ULP 2

Sebatik, 15 Mei 2024 –

Melanjutkan rangkaian kunjungan kerja di Kalimantan Utara, Direktur Jenderal Imigrasi, Silmy Karim, bersama Kakanwil Kemenkumham Kaltim-Kaltara, Gun Gun Gunawan, Direktur Kerjasama Keimigrasian, Anggiat Napitupulu, Direktur Intelijen Keimigrasian, Brigjen Pol RP Mulya, dan Kepala Divisi Keimigrasian, Said Noviansyah, meresmikan Unit Layanan Paspor (ULP) di Kecamatan Sebatik. Peresmian ini dihadiri oleh seluruh stakeholder di wilayah Kecamatan Sebatik.

Dalam sambutannya, Dirjen Imigrasi menyampaikan bahwa pembukaan unit layanan paspor ini merupakan langkah strategis untuk mewujudkan tujuan utama dari Undang-Undang No. 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian, yaitu memberikan akses yang mudah dan cepat bagi setiap individu yang ingin memiliki dokumen perjalanan. "Langkah ini tidak hanya penting untuk keamanan dan ketertiban negara, tetapi juga sebagai upaya untuk mencegah perlintasan ilegal di perbatasan," ujar Silmy Karim.

Dirjen Imigrasi menambahkan, dengan memiliki dokumen perjalanan resmi, setiap orang diharapkan akan memahami pentingnya aturan dan prosedur yang berlaku, sehingga dapat meminimalkan risiko pelanggaran di perbatasan. Selain itu, pembukaan ULP ini juga merupakan bentuk komitmen Kementerian Hukum dan HAM RI melalui Direktorat Jenderal Imigrasi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Sebatik. "Sebagai fasilitator pembangunan bangsa, fungsi keimigrasian tidak hanya terbatas pada kontrol pergerakan orang, tetapi juga dalam memberikan kontribusi nyata dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat," jelasnya.

"Dengan memudahkan akses terhadap dokumen perjalanan, kita membuka peluang bagi masyarakat Sebatik untuk lebih aktif dalam berbagai aktivitas ekonomi. Selain itu, peresmian ini juga menjadi momentum penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Sebatik dalam hal transaksi dan perjalanan yang legal. Kami berharap agar dengan adanya layanan yang memadai, masyarakat dapat lebih memahami pentingnya menggunakan jalur resmi dan prosedural dalam setiap kegiatan yang melibatkan perlintasan perbatasan," tambah Silmy Karim.

Peresmian ini juga ditandai dengan penandatanganan prasasti dan penekanan tombol secara simbolis oleh Dirjen Imigrasi, serta pemberian sertifikat penghargaan kepada stakeholder atas dukungan mereka dalam pembentukan ULP di Kecamatan Sebatik, Kabupaten Nunukan.

Dengan adanya ULP Sebatik, diharapkan layanan keimigrasian di wilayah perbatasan ini dapat semakin ditingkatkan, memberikan kemudahan akses bagi masyarakat, serta mendukung keamanan dan ketertiban di kawasan perbatasan.

ULP 1ULP 1ULP 1ULP 1ULP 1

ULP 1

ULP 1

ULP 1


Cetak   E-mail