Kepala Divisi Keimigrasian selaku Plh. Kakanwil dan Kepala Divisi Administrasi Tinjau Kegiatan Layanan Paspor Simpatik Kanim TPI Samarinda

Layanan Paspor Simpatik 2
TINJAU PELAYANAN: Plh. Kakanwil dan Kepala Divisi Administrasi tinjau program Layanan Paspor Simpatik di Kantor Imigrasi TPI Samarinda, Sabtu (5/1). (Photo:Humas)

SAMARINDA – Membuka layanan seperti hari kerja biasa, Kantor Imigrasi TPI Samarinda melayani pengurusan paspor kepada masyarakat dalam Kegiatan Layanan Paspor Simpatik setiap hari Sabtu selama bulan Desember 2018 s.d Januari 2019. Kegiatan layanan ini ditinjau langsung oleh Kepala Divisi Keimigrasian, Soenaryono selaku Plh. Kepala Kantor Wilayah dan Kepala Divisi Administrasi, Hajrianor didampingi oleh jajaran Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Kaltim pada Sabtu (5/1) di Kantor Imigrasi TPI Samarinda. Layanan ini diberikan dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang akan membuat atau memperpanjang paspor. Pelayanan pada hari libur ini dimulai pukul 08.00 s.d 12.00 waktu setempat. “Kami berharap dengan dibukanya pelayanan di akhir pekan ini bisa membantu masyarakat khususnya di Samarinda, yang mungkin belum sempat atau tidak memiliki waktu untuk mengurus paspor di hari biasa dapat terlayani pada hari libur akhir pekan.” ujar Soenaryono.

Pelayanan ini diselenggarakan pula dalam rangka Hari Bhakti Imigrasi yang ke-69 Tahun 2019 sesuai dengan Surat Direktur Jenderal Imigrasi Nomor: IMI-UM.01.01-3.5830 tanggal 18 Desember 2018 bahwa Kantor Imigrasi di seluruh wilayah Indonesia dapat mensosialisasikan kepada masyarakat luas terkait Program Layanan Paspor Simpatik Tahun 2019 sejak 26 Desember 2018 s.d 25 Januari 2019.

Selain meninjau dan bertatap muka dengan masyarakat yang sedang mengurus pembuatan paspor, Kepala Divisi Keimigrasian dan Kepala Divisi Administrasi juga melihat langsung sarana dan prasarana yang tersedia pada Kantor Imigrasi TPI Samarinda didampingi oleh Kepala Kantor Imigrasi TPI Samarinda, Tompatar Hasianto. Beberapa ruang pelayanan berbasis HAM telah disediakan bagi para pengunjung yang mengurus paspor, seperti: Ruang Laktasi (Menyusui), Ruang Kebutuhan Khusus, Jalur Difabel, Toilet Difabel dan Ruang Bermain Anak, sehingga diharapkan dapat membuat masyarakat terlayani dengan baik. “Pembenahan akan selalu kita lakukan dan tingkatkan untuk mendukung pelayanan dengan baik khususnya sarana yang menunjang pelayanan berbasis HAM.” ujar Tompatar Hasianto.

Program Layanan Paspor Simpatik ini melibatkan seluruh pegawai Kantor Imigrasi TPI Samarinda yang telah dijadwalkan secara bergiliran sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya. Dalam kesempatan tersebut setelah peninjauan dan mengamati kesibukan para petugas yang melayani masyarakat, Plh. Kakanwil didampingi Kepala Divisi Administrasi memberikan arahan kepada seluruh jajaran Pejabat Kantor Imigrasi TPI Samarinda terkait upaya peningkatan kelancaran pelaksanaan tugas kedepan dan memotivasi seluruh jajaran guna memacu kinerja serta pantang menyerah dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Sementara itu dalam kesempatan yang sama Kepala Divisi Administrasi juga memberikan motivasi agar Kantor Imigrasi TPI Samarinda terus melangkah menuju satuan kerja WBK/WBBM. “Apapun kendala yang dihadapi, kita tetap melangkah maju dengan penuh semangat guna meraih predikat satuan kerja yang WBK/WBBM. Mari kita galang kebersamaan, sinergitas dan kita semua PASTI berkolaborasi.” ujar Hajrianor.

Arahan dan motivasi yang telah disampaikan oleh Plh. Kakanwil dan Kepala Divisi Administrasi selanjutnya akan menjadi pedoman dalam pelaksanaan tugas oleh Kepala Kantor Imigrasi dan seluruh jajaran pejabat dan pegawai Kanim TPI Samarinda. “Apa yang menjadi arahan dan motivasi dari Bapak Plh. Kakanwil dan Kadiv Administrasi tersebut akan kami jadikan pedoman dalam menjalankan tugas dan pelayanan kami. Saya selaku Kepala Kantor Imigrasi beserta jajaran Kanim Samarinda mengucapkan terima kasih atas berkenannya Bapak meluangkan waktunya mengunjungi Kegiatan Layanan Paspor Simpatik pada hari ini” pungkas Tompatar Hasianto. (Humas)

Layanan Paspor Simpatik 8Layanan Paspor Simpatik 8Layanan Paspor Simpatik 8Layanan Paspor Simpatik 8Layanan Paspor Simpatik 8Layanan Paspor Simpatik 8Layanan Paspor Simpatik 8

 


Cetak   E-mail