Kadivyankumham Andi Basmal Pimpin Rapat Harmonisasi 3 (Tiga) Raperbup Kabupaten Berau

01

Samarinda – Kantor Wilayah Kemenkumham Kalimantan Timur menggelar Rapat Harmonisasi Rancangan Peraturan Bupati (Raperbup) Kabupaten Berau bertempat di Ruang Rapat Utama pada Jum’at, 19 April 2024.

Rapat pembahasan yang digelar secara virtual tersebut dipimpin oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (Kadivyankumham) Andi Basmal, dan didampingi Kasubbid FPPHD Zainut Taqwim beserta Para JF Perancang Peraturan Perundang-undangan Zonasi Kabupaten Berau. Turut hadir pada kegiatan tersebut yaitu Perwakilan dari Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Berau, Dinas Sosial Kabupaten Berau, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Berau dan Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Berau.

Kegiatan diawali dengan sambutan dan arahan yang disampaikan oleh Kadivyankumham Andi Basmal, yang mengharapkan melalui kegiatan rapat harmonisasi ini dapat menghasilkan produk hukum daerah yang berkualitas dan tidak bertentangan dengan produk peraturan hukum yang lebih tinggi, sehingga dapat diimplementasikan dengan baik di tengah masyarakat. Kegiatan dilanjutkan dengan pembahasan rancangan yang dimoderatori oleh Kasubbid FPPHD. Judul rancangan Peraturan Bupati Kabupaten Berau yang dibahas pada hari ini, yakni:

  1. Rancangan Peraturan Bupati tentang Target Penerimaan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah Per Triwulan;
  2. Rancangan Peraturan Bupati tentang Perubahan Peraturan Bupati No. 62 Tahun 2019 tentang Tunjangan Bagi Lanjut Usia Kurang Mampu;
  3. Rancangan Peraturan Bupati tentang Penetapan Peta Jalan Ekonomi Kreatif Daerah Tahun 2024-2028.

Setelah dilakukan pembahasan rancangan, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan hasil harmonisasi yang telah disusun Kanwil Kemenkumham Kaltim terkait saran-saran maupun masukan yang disampaikan oleh JF Perancang Peraturan Perundang-undangan (Siska, Edy dan Panji). Kegiatan diakhiri dengan sesi diskusi penyampaian tanggapan dari perangkat daerah terhadap hasil harmonisasi yang telah dilaksanakan. (Red. Bid Hukum)

08080808080808


Cetak   E-mail