TINGKATKAN KEMANDIRIAN KLIEN, BAPAS TARAKAN ADAKAN PELATIHAN PENGOLAHAN HASIL PERIKANAN JADI PRODUK SIAP SAJI

Picsart 22 09 16 21 07 30 170

Tarakan- Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Tarakan baru saja menyelenggarakan kegiatan kemandirian yang bertemakan “Pengolahan Hasil Perikanan Jadi Produk Siap Saji bagi Klien Pemasyarakatan”, yang bekerja sama dengan Usaha, Mikro, Kecil Menengah (UMKM) Rumah Ratu Industri, pada 15 s/d 16 September 2022, yang bertempat di Aula Bapas Kelas II Tarakan.

Adapun pemateri dalam kegiatan dari UMKM Rumah Ratu Industri yakni Nurhikma, S.Pi., M.Si, Stephanie Bija, S.Pd., M.Si., dan Imra, S.Pi., M.Si, yang juga Dosen pada Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Borneo Tarakan.

Kepala Bapas Kelas II Tarakan, Andik Dwi Saputro, membuka kegiatan yang belangsung dua hari dengan rincian teori dan praktek langsung ini.

“Pembimbingan kemandirian adalah komitmen Bapas dalam memberikan bimbingan untuk meningkatkan kualitas Klien Pemasyarakatan, sehingga ketika kembali ke masyarakat memiliki kemampuan dan dapat hidup mandiri serta dapat memperoleh pekerjaan halal”, terang KaBapas saat membuka pelatihan sekaligus penandatanganan kerjasama dengan UMKM Rumah Ratu Industri.

Sementara itu, Nurhikma menyampaikan bahwasanya kegiatan pengolahan cukup menarik karena dilihat dari latar belakang, Klien Pemasyarakatan yang diberi bimbingan, ketika sudah diluar sudah memperoleh skill. “Harapannya kami, kegiatan bisa berkelanjutan supaya pembinaan di masyarakat tidak hanya terpusat sama masyarakat luas, tapi juga ibu-ibu yang seharusnya kita rangkul dan kita bimbing,” tambahnya.

Salah satu peserta kegiatan, M, menyampaikan, “Banyak sekali ilmu yang saya dapat, seperti cara pengolahan ikan bandeng, melalui pelatihan kami mengetahui bagaimana mengolah makanan siap saji dengan daya jual tinggi di pasaran”, ujarnya.

Kepala Subseksi Bimbingan Klien Dewasa, Dwi Prasetio, menyampaikan “Alhamdulillah acara berjalan lancar mulai dari pembukaan, pelaksanaan, penandatanganan dengan UMKM Rumah Ratu Industri sampai dengan praktik pengolahan. Harapan kita l, semoga Klien yang mengikuti kegiatan kemandirian ini, setelah mengikuti kegiatan ini bisa langsung menerapkan ilmunya,” terangnya.

Kontributor: BapaSTAR/mt


Cetak   E-mail