SEKJEN BERIKAN ARAHAN DALAM ACARA COFFEE MORNING MELALUI TELECONFERENCE

Teleconference 3 arah 1

Samarinda, 1 Maret 2019 Mengawali bulan Maret 2019 Kanwil Kemenkumham Kaltim pada hari Jum’at 1 Maret 2019 menyelenggarakan acara coffee morning bersama Sekjen Kemenkumham RI Bambang Rantam Sariwanto melalui jaringan teleconference yang pada saat tersebut  sedang berada di Solo serta para Kepala Biro, Kapusdatin, Sesdit AHU dan Direktur Perdata yang berada di Lt 7 Gedung Setjen Kemenkumham.

Acara coffee morning tersebut diikuti oleh para pejabat Pimti Pratama, pejabat Administrator dan Pengawas Kanwil Kemenkumham Kaltim serta para Ka UPT yang ada di Samarinda, Balikpapan dan Tenggarong.

“ Acara ini adalah sebagai ajang tukar informasi dan pikiran yang nantinya diharapkan dapat memberikan solusi terhadap hal-hal yang telah dan akan dihadapi Kanwil Kemenkumham Kaltim beserta seluruh UPT dalam pelaksanaan tugas dan fungsi “ demikian kata Bambang memulai acara teleconference tersebut.

Selanjutnya Bambang mempersilahkan Kakanwil Kemenkumham Kaltim Yudi Kurniadi menyampaikan apa saja permasalahan dan capaian tugas yang telah dilaksanakan pada saat ini. Yudi Kurniadi menjelaskan beberapa hal terkait evaluasi kinerja 2018, kegiatan yang sudah dilaksanakan serta langkah-langkah dan strategi pelaksanaan di tahun 2019 termasuk persiapan dan upaya yang dilakukan untuk mewujudkan satker berpredikat WBK/WBBM. Disampaikan juga oleh Yudi Kurniadi bahwa dengan beberapa stakeholder eksternal seperti Kantor Kementerian Agama dan juga pihak Pemda Bontang telah dilaksanakan perjanjian kerjasama/MoU dan kedepan akan terus ditingkatkan sinergitas dan kolaborasi guna harmonisasi dan kordinasi pelaksanaan tugas dapat berjalan dengan baik.

Dalam kesempatan tersebut Bambang juga meminta kepada masing-masing para Kepala Biro, Kapusdatin, Sesdit AHU dan Direktur Perdata untuk memberikan arahan dan penjelasan terkait dengan penguatan pelaksanaan tugas serta langkah apa yang harus dilaksanakan agar dapat mencapai target kinerja yang optimal di jajaran Kanwil Kemenkumham Kaltim.

Dari beberapa arahan dan evaluasi yang disampaikan oleh para Kepala Biro, Kapusdatin, Sesdit AHU dan Direktur Perdata tersebut banyak hal yang harus dibenahi dan perlu peningkatan kinerja oleh seluruh pegawai jajaran Kanwil Kemenkumham Kaltim dan hal tersebut kata Yudi Kurniadi  menjadi bahan evaluasi untuk perbaikan dan optimalisasi pelaksanaan tugas  sekarang dan target kinerja kedepan.sehingga menjadi lebih baik lagi. Yudi Kurniadi sangat berterima kasih atas arahan dan evaluasi yang di sampaikan oleh para Pimti Pratama tersebut.

Sebagai penutup Sekjen menyampaikan hal-hal yang telah dikomunikasi untuk menjadi perhatian untuk mendorong kinerja Kanwil Kemenkumham Kaltim yaitu :

  1. Terkait pengelolaan anggaran berharap sekarang Kanwil sudah harus berpikir dalam posisi lebih mendalam lagi, tidak hanya penyerapan anggaran, tetapi bagaimana anggaran ini bisa mencapai hasil dan memiliki nilai dampak sehingga terhindar inefisiensi, apakah keluaran anggaran ini betul betul signifikan dan selaras dengan pencapaian program.
  2. Untuk masalah administrasi  kepegawaian seluruh proses harus diterjemahkan dengan baik dan diimplementasikan dengan maksimal, semua harus melaksanakan administrasi kepegawaian melalui simpeg termasuk pembayaran tunker berbasis aplikasi simpeg, pimpinan harus mengkroscek kebawah sampai ke satker sehingga tidak terjadi masalah bagi pegawai dan hal ini akan mendorong pegawai untuk bekerja dengan tertib dan lebih baik
  3. Dalam e-government semua mengacu pada digital, sumaker dan simpeg harus digunakan dengan maksimal, hingga bisa bisa menjadi bagian yang signifikan untuk mendorong pengerjaan tugas dan fungsi menjadi lebih baik.
  4. Untuk menuju WBK/WBBM, studi tiru tidak hanya dilihat dari sarana tapi bagaimana semangat untuk membangun WBK/WBBM.
  5. Peningkatan kapasitas pegawai akan lebih banyak dilaksanakan melalui e-learning terutama bagi CPNS, untuk itu agar terus dilakukan pembinaan dan didorong bagi CPNS untuk persiapan mengikuti diklat e-learning tersebut.
  6. Tertib perkantoran harus menjadi prioritas dan harus dilaksanakan dengan baik, jangan ada lagi tumpukan berkas serta buatlah suasana nyaman dan rapi di masing-masing ruangan.

Mengakhiri arahannya Sekjen meminta agar konsultasi seperti ini dapat terus dilaksanakan secara berkesinambungan, hasil coffee morning ini agar didata daftar inventaris masalahnya  yang nantinya untuk bahan tindaklanjut perbaikan pelaksanaan tugas sehingga dapat mendorong kinerja Kanwil Kemenkumham Kaltim menjadi lebih baik di tahun 2019.

Kakanwil Kemenkumham Kaltim Yudi Kurniadi mengucapkan terima kasih kepada Bapak Sekjen dan berjanji untuk melaksanakan apa yang menjadi arahan Sekjen tersebut. (Red Humas Kaltim).

Teleconference 3 arah 4

WhatsApp Image 2019 03 02 at 18.09.05Foto Audience Coffee Morning Teleconference


Cetak   E-mail