Monev dan Penguatan Pembangunan Zona Integritas pada Satuan Kerja di Wilayah Kalimantan Utara guna menuju WBK/WBBM

Kunjungan Kanim dan Lapas Tarakan 28
Pengarahan : Kunjungan dan Pengarahan oleh Tim Monitoring dan Evaluasi Kanwil Kemenkumham Kaltim di Kantor Imigrasi TPI Kelas II Tarakan, Kamis (4/4). Photo:Humas

Kunjungan Kanim dan Lapas Tarakan 28
Pengarahan : Kunjungan dan Pengarahan oleh Tim Monitoring dan Evaluasi Kanwil Kemenkumham Kaltim di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Tarakan, Kamis (4/4). Photo:Humas

TARAKAN – Dalam upaya menuju Satuan Kerja (Satker) dengan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Timur (Kanwil Kemenkumham Kaltim) melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) untuk Penguatan Pembangunan Zona Integritas pada Kantor Imigrasi (Kanim) TPI Kelas II Tarakan dan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Tarakan pada Kamis (4/4). Pada kesempatan tersebut hadir beberapa pejabat Kanwil Kemenkumham Kaltim yakni Kepala Divisi Administrasi (Kadivmin), Hajrianor; Kepala Divisi Keimigrasian (Kadivim), Soenaryono; Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (Kadiv Yankum), Nur Ichwan; Kepala Bagian Umum (Kabagum), Amri Diapari dan Kepala Bidang Pembinaan, Bimbingan Pemasyarakatan Pengentasan Anak, Informasi dan Komunikasi, Raden Nurwulan H.

Monev dilaksanakan guna mendorong seluruh Satker untuk segera melakukan pembenahan serta berinovasi dalam rangka pembangunan Zona Integritas di lingkungan kerja masing-masing demi meraih predikat WBK/WBBM. Kunjungan pertama Tim Monev langsung meninjau Kantor Imigrasi TPI Tarakan. Bertempat di ruang Pelayanan Paspor Kantor Imigrasi TPI Tarakan, pengarahan dibuka oleh Kepala Kantor Imigrasi TPI Tarakan, Perdemuan Sebayang dengan menjelaskan beberapa perubahan dan inovasi yang telah dilakukan terhadap kondisi ruang pelayanan dan sistem pelayanan paspor kepada masyarakat. Selanjutnya pengarahan disampaikan oleh Kadivim, Soenaryono yang memberikan apresiasi positif terhadap kondisi Kanim TPI Tarakan saat ini yang sudah melakukan banyak perubahan terhadap layanan bagi masyarakat guna tercapainya indeks kepuasan masyarakat (IKM) yang baik guna menunjang Pembangunan Zona Integritas walaupun dalam hal ini dengan anggaran yang cukup terbatas.

Pada pertemuan yang dihadiri oleh seluruh pegawai Kanim TPI Tarakan tersebut, Kadivmin, Hajrianor diberikan kesempatan untuk menyampaikan pengarahan terkait penguatan pembangunan Zona Integritas dilingkungan Kanim TPI Tarakan. Kadivmin sangat yakin bahwa seluruh jajaran Kanim TPI Tarakan mampu dan senantiasa mendukung tercapainya predikat WBK untuk Kanim TPI Tarakan. Beliau menekankan kepada seluruh jajaran untuk merubah budaya dan pola kerja yang lama dengan berorientasi kepada tercapainya kualitas layanan di Kanim TPI Tarakan menjadi Sangat Memuaskan terhadap survey kualitas layanan. Belajar dari hasil studi tiru yang telah dilakukan di Kanim TPI Cirebon, bahwa mereka telah berkoordinasi dengan Badan Pusat Statistik (BPS) dalam menyusun dan melakukan survey IKM sehingga dapat mencapai hasil Sangat Memuaskan. Bilamana hasilnya belum tercapai maka segera dilakukan evaluasi dan pembenahan terhadap hasil survey tersebut secara berulang hingga tercapai hasil Sangat Memuaskan, agar dengan hasil tersebut target meraih predikat WBK akan dapat dicapai.

Selain tentang pembangunan Zona Integritas, Kadivmin juga mengingatkan kepada seluruh pegawai untuk segera mengisi Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara (LHKASN) sesuai instruksi dan permintaan dari Inspektur Jenderal Kemenkumham RI. Beliau mengharapkan seluruh pegawai Kanim TPI Tarakan dalam minggu ini telah selesai melaporkan LHKASN secara online kepada Inspektorat Jenderal. Selanjutnya dalam kesempatan lain Kabagum, Amri Diapari menyampaikan perihal pembuatan SKP dan Jurnal Harian kepada jajaran Kanim TPI Tarakan, bahwa bagi yang belum membuat SKP tahun 2019 dan mengisi jurnal harian agar segera dilaksanakan karena cepat atau lambat sistem perhitungan tunjangan kinerja akan diperhitungkan sesuai jurnal harian yang telah dinilai oleh atasan. Kabagum juga menginginkan Kanim TPI Tarakan melakukan penataan pengelolaan keuangan secara baik, sehingga proses realisasi penyerapan anggaran nantinya dapat sesuai dengan rencana penyerapan anggaran yang telah disusun.

Setelah pengarahan di Kanim TPI Tarakan, Tim Monev melanjutkan kunjungannya ke Lapas Tarakan dengan menyampaikan beberapa hal terkait tugas dan fungsi pegawai dalam mendukung Pembangunan Zona Integritas di lingkungan Lapas Tarakan. Pengarahan diawali oleh Kepala Bidang Pembinaan, Bimbingan Pemasyarakatan Pengentasan Anak, Informasi dan Komunikasi, Raden Nurwulan H berkaitan dengan kondisi Lapas Tarakan yang sudah lebih baik suasana lingkungannya dari sebelumnya. Beliau berharap semoga pembenahan dapat dilakukan secara terus-menerus hingga nanti Lapas menjadi wadah yang nyaman, bersih dan dapat meraih predikat WBK sesuai yang dicanangkan oleh pimpinan pusat.

Dalam kunjungannya di Lapas Tarakan, Kadivmin, Hajrianor berkesempatan untuk menyampaikan beberapa hal terkait pelaksanaan tugas oleh pegawai di lingkungan Lapas Tarakan. Beliau berpesan kepada seluruh jajaran untuk tidak melakukan tindakan yang melanggar hukum, baik berupa pungutan liar (pungli) ataupun terlibat dalam penyalahgunaan dan peredaran Narkoba. Beliau berharap seluruh pegawai dapat bekerja sebaik mungkin dengan merubah pola dan budaya kerja demi tercapainya pembangunan Zona Integritas guna meraih predikat WBK. Selain itu Kadivmin mengingatkan kembali kepada seluruh pegawai Lapas Tarakan yang masih belum menyelesaikan pengisian LHKASN untuk segera melakukan pengisian dan diharapkan sudah seluruhnya mengisi dalam minggu ini. Adapun terkait pembuatan SKP dan pengisian Jurnal Harian di tahun 2019 disampaikan langsung oleh Kabagum, Amri Diapari untuk segera melengkapi Jurnal Harian masing-masing yang nantinya perhitungan tunjangan kinerja akan dilaksanakan melalui penilaian jurnal harian setiap harinya. Kabagum juga berpesan kepada jajaran Lapas Tarakan untuk menata pengelolaan keuangan sebaik mungkin agar realisasi anggaran berjalan sesuai rencana penyerapan anggaran.

Sebelum mengakhiri kunjungannya, Tim Monev menyempatkan berphoto bersama jajaran pegawai yang ada di Kanim TPI Tarakan maupun Lapas Tarakan. Pengarahan ini diharapkan mampu mendorong semangat pegawai di jajaran UPT untuk berkomitmen bersama melakukan pembangunan Zona Integritas demi tercapainya WBK/WBBM. Tim Monev juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran UPT yang telah berusaha dan berinovasi dalam meningkatkan kinerja untuk mencapai kualitas layanan yang baik dan memuaskan masyarakat. (Humas)

1. Kunjungan Tim Monitoring dan Evaluasi Kanwil Kemenkumham Kaltim di Kantor Imigrasi TPI Kelas II Tarakan

Kunjungan Kanim dan Lapas Tarakan 16Kunjungan Kanim dan Lapas Tarakan 16Kunjungan Kanim dan Lapas Tarakan 16Kunjungan Kanim dan Lapas Tarakan 20

2. Kunjungan Tim Monitoring dan Evaluasi Kanwil Kemenkumham Kaltim di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Tarakan

Kunjungan Kanim dan Lapas Tarakan 30Kunjungan Kanim dan Lapas Tarakan 30Kunjungan Kanim dan Lapas Tarakan 30Kunjungan Kanim dan Lapas Tarakan 30Kunjungan Kanim dan Lapas Tarakan 30


Cetak   E-mail