Rapat Kerja Teknis Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Kaltim dalam rangka Optimalkan P4GN

Rakernis Divpas Kumham Kaltim 20
PHOTO BERSAMA : Kegiatan Rakernis Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Kaltim, Jumat (5/4) di Aula Lapas Balikpapan. (Photo:DIvas Kaltim)

BALIKPAPAN – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Timur (Kanwil Kemenkumham Kaltim) melaksanakan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Pemasyarakatan dalam rangka mengoptimalisasikan Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) pada Jumat (5/4). Bertempat di Aula Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Balikpapan, kegiatan ini dihadiri oleh para Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Admisitrator serta Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan di lingkungan Kanwil Kemenkumham Kaltim yang juga merupakan peserta Rakernis. Kegiatan Rakernis ini merupakan wadah untuk meningkatkan kualitas dan kompetisi kinerja dalam rangka mewujudkan visi dan misi Pemasyarakatan serta dalam penerapan Sistem Pemasyarakatan yang PASTI SMART.

Kepala Kantor Wilayah, Yudi Kurniadi dalam sambutan sekaligus membuka cara mengatakan bahwa “Penyalahgunaan Narkoba masih sangat tinggi di wilayah Kalimantan Timur, hal itu dapat terlihat pada jumlah Narapidana/Tahanan kasus Narkotika di dalam UPT Lapas dan Rutan di Wilayah Kalimantan Timur yaitu mencapai  64% dari seluruh isi penghuni Lapas dan Rutan,” ujar Yudi Kurniadi. Selanjutnya beliau menyatakan pentingnya melakukan optimalisasi P4GN dalam mencegah dan mengawasi peredaran narkoba di Lapas dan Rutan, “Optimalisasi P4GN sangat penting dilakukan untuk pengawasan peredaran narkoba di Lapas dan Rutan, ” tutup Yudi Kurniadi.

Bertindak sebagai Narasumber, Kasubdit Media Non Elektronik pada Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia, Dik Dik Kusnadi menyatakan “Sindikat makin merajalela karena vonis yang masih belum bisa menyentuh tangan pertama, hanya sampai di tangan kedua. Mengobati pengguna narkoba dengan kasih sayang sangat berperan penting dan berarti,” tambah Alumni Akademi Ilmu Pemasyarakatan (AKIP) Angkatan 21. “Membangun koordinasi antara Pemasyarakatan dan BNN adalah contoh nyata optimalisasi P4GN untuk menciptakan lingkungan yang bersih dari Narkoba,” tutup Dik Dik Kusnadi.

Dalam Kegiatan Rakernis ini hadir pula Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen Pas), Sri Puguh Budi Utami yang melakukan kunjungan kerja di Kalimantan Timur sekaligus memberikan pengarahan “Penguataan Integritas Petugas Pemasyarakatan” kepada seluruh peserta yang hadir. Beliau menyampaikan beberapa pesan dari Menteri Hukum dan HAM terkait instruksi kepada seluruh jajaran pemasyarakatan agar melakukan koordinasi antar jajaran dengan memahami kemana arah Pemasyarakatan saat ini dan berkeja dan berpedoman sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan. “Menteri Hukum dan HAM telah memerintahkan untuk melakukan komunikasi dengan seluruh jajaran Pemasyarakatan yang ada di wilayah agar lebih memahami arah pemasyarakatan saat ini,” ucap Dirjen Pas. “Kita ingin seluruh jajaran Pemasyarakatan senantiasa berhati-hati dalam bekerja. Bekerjalah sesuai dengan prosedur yang ada, pedomani SOP dalam menjalankan tugas,” harap Utami.

Dirjen Pas menyatakan bahwa anggaran yang telah dikeluarkan oleh Negara dalam membiayai pembinaan para Narapidana/Tahanan tidak akan sia-sia bila melihat produk-produk berkualitas yang telah dihasilkan oleh wargabinaan. “Negara tidak dirugikan dengan biaya besar untuk pembinaan, karena Warga Binaan bisa menghasilkan produk-produk potensial dan berkualitas, Lapas Minimum Security mengharuskan WBP menghasilkan Produk,” ungkap Utami. “Membangun Zona Integritas harus dibangun dengan keseriusan pimpinan dalam meningkatkan integritas dan sangat berpengaruh pada kepribadian individu yang dipimpinnya.” Punkasnya.

Dalam kunjungan tersebut, Dirjen PAS menyempatkan melihat Produk Unggulan Narapidana Lapas dan Rutan Wilayah Kaltim yang digelar di Gazebo Lapas Balikpapan, beliau memberi apresiasi terhadap produk-produk yang dihasilkan Narapidana Se-Kaltim tersebut. Dihari berikutnya Sabtu (6/4), Dirjen Pas, Sri Puguh Budi Utami juga melakukan peninjauan kondisi blok hunian, kondisi dapur, kondisi klinik, dan kondisi tembok di Lapas Balikpapan dengan didampingi oleh Kepala Lapas Balikpapan, Imam Setya beserta Pejabat Tinggi Lapas Balikpapan. (Humas)

1. Dokumentasi Kegiatan Rakernis Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Kaltim, Jumat (5/4) di Aula Lapas Balikpapan

Rakernis Divpas Kumham Kaltim 19Rakernis Divpas Kumham Kaltim 19Rakernis Divpas Kumham Kaltim 19Rakernis Divpas Kumham Kaltim 19Rakernis Divpas Kumham Kaltim 19Rakernis Divpas Kumham Kaltim 19Rakernis Divpas Kumham Kaltim 19

2. Dokumentasi Kunjungan Dirjen Pemasyarakatan Meninjau Kondisi Blok Hunian, Dapur serta Tembok pada Lembaga Pemasyarakatan Balikpapan, Sabtu (6/4).

Kunjugan Dirjenpas Lapas Balikpapan 4Kunjugan Dirjenpas Lapas Balikpapan 4Kunjugan Dirjenpas Lapas Balikpapan 4Kunjugan Dirjenpas Lapas Balikpapan 4

Photo: Divpas Kaltim


Cetak   E-mail