SIAPKAN LAPORAN KEUANGAN YANG AKURAT, OPERATOR SAKTI KANWIL KUMHAM KALTIM IKUTI GIAT MIGRASI DATA SALDO AWAL ASET DAN PELAPORAN SAKTI 2022 DI KPPN SAMARINDA

1. cover Samarinda, 29 Juni 2022.

Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) adalah aplikasi yang digunakan sebagai sarana bagi satker dalam mendukung implementasi SPAN untuk melakukan pengelolaan keuangan yang bersumber dari APBN. Merujuk pada Peraturan Menteri Keuangan 171/PMK.05/2021, pelaksanaan SAKTI mulai digunakan untuk proses perencanaan dan penganggaran, pelaksanaan, serta pertanggungjawaban APBN TA 2022. Karena itu, KPPN Samarinda melakukan pendampingan migrasi saldo awal SAKTI 2022 lanjutan untuk Data Aset dan Pelaporan terhadap Operator Aset dan Operator Pelaporan (GLP) SAKTI di Aula KPPN Samarinda.

Sebanyak 73 instansi pemerintahan di Kalimantan Timur, termasuk Kantor Wilayah Kemenkumham Kalimantan Timur diundang dalam kegiatan pendampingan migrasi saldo awal SAKTI. Kepala Subbagian Pengelolaan Keuangan dan BMN serta para operator dari Kantor Wilayah ditugaskan memenuhi undangan dalam kegiatan tersebut.

Proses migrasi data dilakukan dengan memverifikasi data hasil migrasi data saldo awal, kemudian menyelaraskan laporan-laporan hasil migrasi yang ada dalam aplikasi SAKTI dengan laporan-laporan pelaksanaan rekonsiliasi dan Laporan Keuangan yang dihasilkan oleh aplikasi E-Rekon dan LK.

Dengan kegiatan pendampingan migrasi SAKTI Tahun Anggaran 2022 ini, diharapkan seluruh Kuasa Pengguna Anggaran mitra kerja KPPN Samarinda dapat terus bersinergi dan dapat menyajikan Laporan Keuangan yang akurat, transparan dan akuntabel. (Red. Humas Kumham Kaltimtara / OR – FDA)

3. migrasi

3. migrasi


Cetak   E-mail