TINGKATKAN EFISIENSI DAN AKUNTABILITAS KINERJA, KANWIL KEMENKUMHAM KALTIM GELAR BIMTEK PENGELOLAAN ARSIP AKTIF PADA KANTOR WILAYAH

cover berita bimtek

SAMARINDA – Sejalan dengan peningkatan produktivitas, pengelolaan pengarsipan yang baik juga menjadi hal yang esensial dalam penyelengaraan pemerintahan yang akuntabel. Pelaksanaan bimbingan teknis pengarsipan dilakukan pada hari Senin, 20 Februari 2023, bertempat di Aula Utama Kantor Wilayah Kemenkumham Kaltim. Kegiatan Bimtek ini dihadiri oleh 18 (delapan belas) orang pegawai yang berasal dari Sub Bidang dan Sub Bagian di lingkungan Kantor Wilayah Kemenkumham Kaltim tersebut bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan pegawai dalam mengelola arsip.

Kegiatan dimulai dengan sambutan dari kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kaltim (Sofyan) yang menyampaikan pentingnya pengarsipan dalam mengelola informasi dan dokumen yang diperlukan untuk menjalankan tugas-tugas di kantor. Beliau juga menekankan bahwa pengarsipan yang baik dapat membantu meningkatkan produktivitas kerja dan mempermudah pengambilan keputusan di masa depan. Menutup sambutannya, Sofyan berharap seluruh peserta bimtek dapat focus dalam mengikuti bimtek sehingga dapat memahami materi yang disampaikan oleh narasumber dan mempraktikannya di unit kerja masing-masing.

Setelah sambutan dari kepala kantor wilayah, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi dari narasumber, Arsiparis Muda Kantor Wilayah Kemenkumham Kaltim (Eka & Wijiatmoko). Pemaparan yang disampaikan mengenai prinsip-prinsip pengarsipan yang baik, teknik pengorganisasian arsip, serta teknologi informasi yang dapat digunakan untuk memudahkan pengelolaan arsip.

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya-jawab dan praktik pengelolaan pengarsipan yang diikuti oleh para peserta. Para pegawai dengan antusias mengajukan pertanyaan dan mempraktikan berbagai kondisi dalam pengelolaan pengarsipan yang sering ditemui pada unit kerja masing-masing.

Kegiatan berakhir dengan sesi evaluasi dan penutupan. Diharapkan agar para pegawai dapat mengimplementasikan prinsip-prinsip dan teknik yang telah dipelajari dalam pelaksanaan tugas sehari-hari. Acara pun ditutup dengan foto bersama seluruh peserta bimbingan teknis pengarsipan. (Red. Humas Kanwil Kaltim/R2S-RJ)

WhatsApp Image 2023 02 20 at 13.41.15WhatsApp Image 2023 02 20 at 13.41.15WhatsApp Image 2023 02 20 at 13.41.15WhatsApp Image 2023 02 20 at 13.41.15WhatsApp Image 2023 02 20 at 13.41.15


Cetak   E-mail