FAJAR LASE PERKENALKAN PORTAL DJKI KEPADA MAHASISWA DI UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 SAMARINDA

1aaaaa

Samarinda - Staf Khusus (Stafsus) Menkumham bidang Transformasi Digital (Fajar BS Lase) kembali mengenalkan Aplikasi Portal DJKI ke Mahasiswa yang ada di Kota Samarinda, Rabu (8/3/2023). Kali ini, aplikasi layanan yang menyediakan informasi terkait Kekayaan Intelektual dikenalkan kepada Mahasiswa di Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda.  

Kegiatan yang terpusat di Auditorium Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda tersebut dihadiri secara langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kaltim (Sofyan), Rektor Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda (Marjoni Rachman), Kepala Divisi Administrasi (Itun Wardatul Hamro), Kepala Divisi Keimigrasian (Santosa), Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Samarinda dan Pejabat Struktural beserta staf yang ada di Bidang Pelayanan Hukum pada Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kanwil Kumham Kaltim. 

Seluruh mahasiswa yang ada di Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda terlihat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut, terlihat lebih dari 400 orang mahasiswa dan dosen dari berbagai fakultas yang ada di Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda.

Kegiatan diawali sambutan sekaligus membuka kegiatan secara resmi oleh Rektor Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda (Marjoni Rachman), yang menyampaikan terimakasih kepada Staf Khusus (Stafsus) Menkumham bidang Transformasi Digital (Fajar BS Lase) beserta jajaran atas pelaksanaan kegiatan Diseminasi Kekayaan Intelektual yang digelar di Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda.,

“Saya berharap kegiatan ini dapat memberikan pengetahuan kepada seluruh mahasiswa yang ada di Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda, sehingga disuatu saat nanti, seluruh peserta yang hadiri pada hari ini dapat terpacu untuk membuat suatu karya yang memiliki nilai Kekayaan Intelektual,” Ucapnya.

Kemudian dilanjutkan paparan dari  Staf Khusus (Stafsus) Menkumham bidang Transformasi Digital (Fajar BS Lase), ia menyampaikan bahwasanya aplikasi Portal DJKI ini merupakan upaya pemerintah dalam memudahkan masyarakat mendaftarkan Hak Cipta dan jenis Kekayaan Intelektual lainnya, yakni melalui aplikasi Portal DJKI atau akses website dgip.go.id.,

“Mari kita cegah terjadinya kasus atau sengketa Kekayaan Intelektual dengan memahami pentingnya menjaga Hak Kekayaan Intelektual, sehingga setiap inovasi dan kreativitas dapat terus terasah dan potensi bisnis kita yang bernilai ekonomi dapat terus ditingkatkan,” Kata Fajar BS Lase.

Dalam kesempatan tersebut, Fajar Lase juga mengajak para mahasiswa mengunduh atau mendownload aplikasi Portal DJKI dari Play Store (Android) atau App Store (iOS).,

"Selama ini banyak orang yang tidak tahu cara mendaftarkan dan mengecek Kekayaan Intelektual seperti Hak Cipta, Merek dan sebagainya. Sekarang buka Handphone saudara, buka Play Store kalau pakai HP Android dan iOS buka App Store, kemudian unduh Portal DJKI," Kata Fajar Lase.

Dalam aplikasi tersebut, kata Fajar Lase, kita bisa cek jenis-jenis kekayaan seperti Merek, Paten, Hak Cipta, Desain Industri dan lain-lain.,

"Buka Pangkalan Data Kekayaan Intelektual, di situ kita bisa cek apakah Merek produk atau Hak Cipta kita sudah dipakai oleh orang lain atau belum," Imbuhnya.

Diakhir paparanya, Staf Khusus (Stafsus) Menkumham bidang Transformasi Digital tersebut menyampaikan bahwa saat ini ada kemudahan untuk menguasai dunia yaitu secara digital atau online, karenanya semua Kekayaan Intelektual (Hak Cipta, Paten, Merek, Desain Industri, Rahasia Dagang, Indikasi Geografis dan lainnya) atau produk dari kreasi dan kreativitas itu perlu dilindungi secara hukum.,

"Pemilik Kekayaan Intelektual akan kehilangan hak royalti, timbul pembajakan atau plagiarisme, serta risiko disalahgunakan untuk kejahatan apabila kita tidak melindungi karya yang kita miliki, selain itu juga mendapatkan perlindungan, karena pelaku usaha yang sudah mendaftarkan Kekayaan Intelektualnya, maka produknya bisa dipasarkan melalui Marketplace seperti Shopee, Tokopedia dan sebagainya " Pungkasnya.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan diskusi bersama seluruh mahasiswa yang hadir secara langsung di Auditorium Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda. (Red.Humas Kumham Kaltimtara / Supriyadi)

1bbbbbb1bbbbbb1bbbbbb1bbbbbb1bbbbbb1bbbbbb1bbbbbb1bbbbbb1bbbbbb1bbbbbb1bbbbbb


Cetak   E-mail