SEMARAK PERINGATAN HBP KE-59, JAJARAN KANWIL KALTIM IKUTI PEMBUKAAN PEKAN OLAHRAGA PEMASYARAKATAN

afront

Samarinda, 11 Maret 2023.

Memperingati Hari Bakti Pemasyarakatan ke-59 Tahun 2023, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan menyelenggarakan kegiatan pembukaan Pekan Olahraga Pemasyarakatan dengan tema “NATIONAL INMATE’S SPORTS DAY”. Pekan olahraga Pemasyarakatan tahun 2023 kali ini dibuka secara langsung oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusi Republik Indonesia, Yasonna Laoly di Lapas Narkotika Kelas IIA Jakarta.

Kakanwil Kemenkumham Kaltim (Sofyan), Kepala Divisi Pemasyarakatan (Jumadi), Kepala Divisi Administrasi (Itun), Kepala Divisi Keimigrasian (Santosa), serta seluruh Kepala UPT yang berada Kota Samarinda, turut mengikuti pembukaan secara daring melalui aplikasi zoom.

Kegiatan pembukaan diawali dengan sporty dance yang dipersembakan oleh para Warga Binaan  sebagai   bukti kesuksesan pembinaan kemandirian di UPT Pemasyarakatan.

Dalam sambutannya Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoli menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan penanda suatu peringatan penting yaitu peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-59. Menteri Hukum dan HAM juga menyampaikan apresiasinya kepada para tamu dan para duta besar berbagai negara sahabat yang hadir, dan berharap kegiatan  pembukaan ini dapat memperlihatkan bahwa para Warga Binaan Pemasyarakatan Indonesia mendapatkan berbagai pembinaan dan pelatihan sehingga mampu menguasai berbagai keahlian dan juga keterampilan seperti kerajinan tangan yang dapat menghasilkan produk-produk berkualitas dan juga berbagai keterampilan olahraga. “kegiatan ini menjadi pesan kepada dunia bahwa para warga binaan berhak untuk mendapatkan hak dan kewajiban yang sama sebagai manusia, kami melalui Ditjen Pemasyarakatan berupaya untuk memberikan dan menyelenggarakan berbagai pelatihan selama masa tahanan, sehingga nantinya setelah bebas para warga binaan mampu kembali ke masyarakat menjadi pribadi yang lebih baik dan dapat memberikan kontribusi positif kepada masyarakat. Hasil dari pelatihan tersebut seperti hasil karya dan kemampuan WBP dapat Saudara-saudara lihat dalam kegiatan  pembukaan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-59 tahun 2023 hari ini” sebut Yasonna.

Seusai sambutan dari Menteri Hukum dan HAM kegiatan dilanjutkan dengan pelepasan balon udara, dilanjutkan dengan kick off sebagai tanda dimulainya pertandingan sepak bola Duta Besar dari Perwakilan Negara Sahabat bersama WBP. Kegiatanpun  lalu dilanjutkan kembali dengan sesi foto bersama yang diikuti oleh seluruh peserta pembukaan kegiatan.

Pada saat yang sama turut mengikuti melalui aplikasi Zoom, Kakanwil Kemenkumham Kaltim Sofyan menyampaikan bahwa Jajaran Kanwil Kemenkumham Kaltim akan melaksanakan seluruh rangkaian kegiatan peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-59 tahun 2023 ini dengan baik seperti arahan dan pesan yang telah disampaikan oleh Menteri Hukum dan HAM dalam sambutannya.

Red Humas Kumham Kaltim/MP

afront

afrontafront

WhatsApp Image 2023 03 11 at 12.49.11afrontafrontafront


Cetak   E-mail