OPTIMALISASI FUNGSI APLIKASI P2MA, KEMENKUMHAM KALTIM IKUTI RAPAT KOORDINASI KERJA SAMA DALAM NEGERI OLEH BIRO HUKERMA

1. cover ok

Bogor - Sebagai upaya optimalisasi pengelolaan kerja sama pada aplikasi Penyimpanan Publikasi Kerja Sama (P2MA), Biro Humas, Hukum dan Kerja Sama (Hukerma) Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI menyelenggarakan Rapat Koordinasi Kerja Sama Dalam  Negeri dalam rangka Optimalisasi Fungsi Aplikasi P2MA selama 3 hari mulai tanggal 15-17 Maret 2023. Dalam pelaksanaan kegiatan yang bertempat di Hotel Swiss-Belinn Bogor, Biro Hukerma mengundang seluruh operator aplikasi P2MA dari Unit Utama Eselon 1 dan Kantor Wilayah dengan rangkaian kegiatan teknis pengisian aplikasi, pendampingan pemanfaatan aplikasi serta evaluasi dalam pengisian aplikasi P2MA. Kantor Wilayah Kemenkumham Kalimantan Timur mengirimkan operator aplikasi P2MA dari Subbagian Humas, RB dan TI pada kegiatan rapat koordinasi tersebut.

Pada hari pertama pelaksanaan, diawali dengan pembukaan kegiatan yang dihadiri oleh Kepala Biro Humas, Hukum dan Kerja Sama (Hantor Situmorang), Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Barat (R. Andika Dwi Prasetya), Plt. Koordinator Bidang Kerja Sama Dalam Negeri (Aman Budi Manduro), staf pelaksana pada Biro Humas, Hukum dan Kerjasama, seluruh operator aplikasi P2MA dari Unit Utama Eselon 1 dan Kantor Wilayah, dan perwakilan mitra kerja sama. Dalam laporan kegiatan, Aman Budi Manduro menjelaskan tujuan kegiatan ini dilaksanakan adalah untuk memberikan informasi kepada pengelola kerjasama agar dapat memaksimalkan penyimpanan dan publikasi naskah kerjasama yang dimiliki Kementerian Hukum dan HAM, sehingga Kementerian Hukum dan HAM mampu bertransformasi menjadi Kementerian yang informatif.

Hal senada juga disampaikan oleh Hantor Situmorang, pada saat  menyampaikan sambutan pembukaan kegiatan mengingatkan bahwa tujuan aplikasi P2MA dibangun adalah agar publik dapat mengetahui kerja sama yang dilakukan Kementerian Hukum dan HAM dengan instansi pemerintah/lembaga maupun non lembaga lain, sebagai bentuk peningkatan kinerja birokrasi terutama efisiensi dan efektifitas pelayanan publik khususnya di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM.

”Kita bersama dengan mitra kerja sama perlu melakukan inovasi - inovasi yang berkesinambungan untuk mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas dan terintegrasi”, tutup Hantor Situmorang.

Pada hari kedua pelaksanaan kegiatan, Biro Hukerma melaksanakan diseminasi teknis pengisian Aplikasi P2MA dan evaluasi data kerja sama yang di inventarisasi oleh seluruh operator aplikasi P2MA pada Unit Eselon 1 dan Kantor Wilayah.  Beberapa permasalahan dan kendala yang terjadi dalam pengelolaan kerja sama pada aplikasi P2MA diharapkan dapat disampaikan dan dicarikan solusi pemecahannya, agar implementasi aplikasi P2MA dapat berjalan lebih efektif. Pada hari ketiga pelaksanaan kegiatan dijadwalkan penyampaian hasil evaluasi dan tindak lanjut optimalisasi pengimplementasian P2MA di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM. (Red. Humas Kumham Kaltim/OR-RJS)

10. berita

10. berita

10. berita

10. berita

10. berita

10. berita

10. berita

10. berita


Cetak   E-mail