TINGKATKAN KESIAPAN MENJELANG CUTI BERSAMA, DIVISI KEIMIGRASIAN KUMHAM KALTIM KUNJUNGI RUDENIM BALIKPAPAN

rudenim 1

Balikpapan, 5 April 2023

Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Timur melakukan monitoring dan evaluasi ke Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) kota Balikpapan. Kunjungan ini dipimpin oleh Kepala Bidang Perizinan dan Informasi Keimigrasian (Heru Hartono) dan Kepala Sub Bidang Informasi Keimigrasian (Khairil Anwar) beserta JFU Divisi Keimigrasian. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Pembinaan, Pengendalian dan Pengawasan Teknis pada Rumah Detensi Imigrasi Balikpapan dalam upaya kesiapan petugas menyambut cuti bersama idul Fitri tahun 2023.

Pada kunjungan tersebut, Tim Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Timur meninjau blok sel ruang Deteni dan memberikan arahan dan masukan kepada pegawai Rumah Detensi Imigrasi Balikpapan. Hal-hal yang harus diperhatikan adalah pengamanan Deteni, pengamanan perangkat elektronik, pengamanan dokumen berharga, dan pengamanan BMN.

Selain itu, Tim Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Timur juga menyampaikan kepada Kepala Rudenim Balikpapan  untuk melakukan pelatihan kepada petugas keamanan dengan bekerja sama dengan pihak Polri atau dari Pemasyarakatan terkait pencegahan benturan dengan Deteni. Tim Divisi Imigrasi juga  menyarankan untuk melakukan permohonan pengadaan peralatan keamanan pada Direktorat Jenderal Imigrasi atau pengadaan sendiri  seperti seragam dan perlengkapan huru-hara serta melakukan pelatihan pencegahan penanggulangan bencana.

Peningkatan kualitas SDM juga menjadi perhatian penting dalam kunjungan ini. Tim Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Timur menyarankan untuk meningkatkan kualitas SDM dengan mengikuti pelatihan/Diklat (Barjas, bendahara dan lainnya). Diharapkan dengan adanya kunjungan ini, Rumah Detensi Imigrasi Balikpapan dapat meningkatkan kesiapannya dalam menghadapi cuti bersama Idul Fitri tahun 2023.

Red Humas Kumham Kaltim/MP

rudenim 1

rudenim 1

rudenim 1


Cetak   E-mail