BSK KUMHAM CERDAS “PENGANTAR PRAKTIS SIKLUS KEBIJAKAN”

01

Samarinda - Badan Strategi Kebijakan Hukum dan Hak Asasi Manusia (BSK Kumham) menyelenggarakan kegiatan BSK Kumham Cerdas dengan mengusung tema “Pengantar Praktis Siklus Kebijakan”, Rabu, 11 Oktober 2023. Kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid dan diikuti oleh seluruh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) se-Indonesia. Pada kegiatan tersebut Kantor Wilayah Kemenkumham Kalimantan Timur, hadir secara virtual yang diikuti oleh Kepala Bidang HAM (Umi Laili), Kepala Subbidang Pengkajian, Penelitian, dan Pengembangan Hukum Dan HAM (Sumarno), Kepala Subbidang Penyuluhan Hukum, Bantuan Hukum, dan Jaringan Dokumentasi Informasi Hukum (Zainut Taqwim), dan perwakilan pelaksana Tim Indeks Reformasi Hukum (IRH) Kemenkumham Kalimantan Timur.

Dalam sambutan pembukaan, Sekretaris BSK Kumham, Jonny Pesta Simamora menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut atas hasil pembahasan Rapat Koordinasi Teknis yang telah dilaksanakan periode lalu, yang salah satu isu menyoroti keterbatasan dalam pengelolaan penguasaan tugas analisis kebijakan. Pada pelaksanaan implementasi Corporate University, beliau berharap kegiatan ini mampu memberikan kesempatan berbagi pengetahuan dan pengalaman internal oleh BSK Kumham.

“Analisis kebijakan sangat komplek dan multidimensi, pada masanya nanti, rekan-rekan pengampu analisis kebijakan akan tetap kami fasilitasi berbagai pelatihan dan forum bertukar pikiran, untuk kemudahan pelaksanaan tugas rekan-rekan di wilayah”, harap Jonny.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Analis Perlindungan Hak-Hak Sipil dan HAM (Sabrina Nadilla), yang menjelaskan tentang peran BSK dalam menyusun kebijakan publik dan 4 tahapan siklus kebijakan publik di Kemenkumham. Sabrina juga menjelaskan perbedaan mendasar antara siklus kebijakan dan analisis kebijakan, serta peran ganda Kantor Wilayah Kemenkumham sebagai pelaksana kebijakan dan sub-unit analisis kebijakan.

Kegiatan berlanjut dengan sesi diskusi dan tanya jawab oleh seluruh peserta yang hadir. Kegiatan ini diharapkan mampu menjadi Langkah penting dalam menghasilkan SDM yang kompeten dan berkualitas pada jajaran Kemenkumham. (Red. Humas Kumham Kaltim)

0606060606


Cetak   E-mail