TINGKATKAN KESADARAN HUKUM KAUM PEREMPUAN MELALUI PERMAINAN SIMULASI HUKUM

01

Samarinda - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Timur melalui narasumber Penyuluh Hukum Ahli Madya, Eka Juraidah dan Malik Ibrahim, melaksanakan Penyuluhan Hukum bagi anggota Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum) PKK Kelurahan Air Hitam dengan metode permainan simulasi Hukum, Rabu, 11 Oktober 2023.

Bertempat di ruang pertemuan Kelurahan Air Hitam, pelaksanaan penyuluhan ini bertujuan meningkatkan kesadaran hukum masyarakat khususnya kaum perempuan dengan materi "Pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga". Pelaksanaan program Peningkatan Kesadaran Hukum Masyarakat ini telah termuat dalam pembentukan Kadarkum, sebagaimana yang diamanahkan dalam  Peraturan  Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional Nomor PHN.HN.03.05-73 Tahun 2008 tentang pembentukan dan pembinaan keluarga sadar hukum dan Desa/Kelurahan Sadar Hukum. 

Permainan simulasi yang dipergunakan dalam pelaksaaan kegiatan ini, merupakan  permainan dengan mempergunakan seperangkat peralatan berupa beberapa beserta perlengkapannya, yang dimainkan  secara bersama-sama oleh peserta simulasi.  Dalam permainan simulasi ini, diharapkan peserta mampu memecahkan  atau menyimpulkan suatu masalah hukum yang tertera pada kartu materi dan mempermudah  audiens  untuk mengetahui, memahami dan mentaati hukum. (Red. Bid. Hukum)

0303


Cetak   E-mail