Satops Patnal Divpas Kemenkumham Kaltim Pastikan Kelayakan Sarpras di Lapas Narkotika Samarinda

01 803x471

Samarinda - Selasa, 05 Desember 2023

Kunjungan Satops Patnal (Satuan Operasional Kepatuhan Internal) Divpas Kemenkumham Kaltim (Divisi Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Timur) Sambangi Lapas Narkotika Samarinda dengan tujuan memastikan kelayakanan sarana prasarana keamanan dan pelayanan kesehatan dalam rangka kesiagaan menghadapi akhir tahun 2023.

Kepala Bidang Pelayanan Tahanan, Kesehatan, Rehabilitasi, Pengelolaan Basan Baran dan Keamanan Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kemenkumham Kalimantan Timur, Arimin selaku koordinator kegiatan Satops Patnal mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan antisipasi guna meminimalisir terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban.

“Sesuai dengan arahan Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham Kaltim, Heri Azhari, Kita laksanakan deteksi dini disini (Lapas Narkotika) dengan harapan dapat meminimalisir terjadinya gangguan kamtib jelang pelaksanaan natal dan akhir tahun 2023,” Terang Arimin.

Dalam pelaksanaan, Area dapur Lapas Narkotika Samarinda menjadi perhatian khusus jajaran dalam deteksi dini yang terlaksana. Pasalnya, Kebersihan dan kerapian dapur di Lapas Narkotika Samarinda menjadi acungan jempol Tim Satops Patnal Divpas Kemenkumham Kaltim.

“Dapur di Lapas Narkotika ini terpantau bersih dan rapi,” Ucap Arimin.

Selepas kegiatan monitoring area dapur, Satops Patnal Divpas Kemenkumham Kaltim laksanakan tes urine. Hal ini guna menjaga sterilisasi  area Lapas Narkotika Samarinda dari peredaran dan penggunaan obat-obatan terlarang.

“Area yang bersih dan rapi harus diimbangi dengan SDM yang bersih. Kita laksanakan tes urine kepada 10 orang Warga Binaan Lapas Narkotika Samarinda. Alhamdulillah seluruh hasil menyatakan negatif dari penggunaan obat-obatan terlarang,” Papar Kepala Bidang Pelayanan Tahanan, Kesehatan, Rehabilitasi, Pengelolaan Basan Baran dan Keamanan Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kemenkumham Kalimantan Timur, Arimin.

Selain monitoring area dapur, Tim Satops Patnal Divpas Kemenkumham Kaltim juga laksanakan monitoring ke Area Pelayanan Kesehatan di Klinik Pratama Lasusda.

“Dari pengamatan seluruh area terpantau baik dan kondusif. Semoga hal ini terus terjaga guna mensukseskan visi dan misi Kemenkumham serta program Pemasyarakatan,” Tegas Arimin.

Menanggapi kehadiran Tim Satops Patnal Divpas Kemenkumham Kaltim, Kepala Lapas Narkotika Samarinda, Hidayat mengucapkan terima kasih atas sinergi yang terjalin dengan jajaran internal Kemenkumham.

“Terima kasih atas kunjungan Tim Satops Patnal Divpas Kemenkumham Kaltim disini,” Ucap Hidayat.

Kami jajaran Lapas Narkotika Samarinda akan bersinergi dan mendukung penuh untuk pelaksanaan kegiatan Monev (monitoring dan evaluasi) hari ini, dan tentu saja hasil dari kegiatan monev ini akan menjadi catatan kita untuk bisa memberikan hal yang lebih baik lagi dari Lapas Narkotika Samarinda,” Tegas Kepala Lapas Narkotika Samarinda, Hidayat. (Red. Div PAS)

040404


Cetak   E-mail