Terjun Ke Masyarakat, Tim Kanwil Kaltim Berikan Sosialisasi Terkait Perlindungan KI Komunal di Kutai Barat

WhatsApp Image 2023 12 07 at 19.56.07

Barong Tongkok 7 Desember 2023

Dorong Penyebarluasan Informasi  Layanan Kekayaan Intelektual, Kanwil Kemenkumham Kaltim kembali berkolaborasi dengan Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Timur dalam melakukan sosialiasi dan inventarisasi kearifan lokal perlindungan Sumber Daya Alam dan lingkungan Kampung Juaq Asa Kecamatan Barong Tongkok Kabupaten Kutai Barat dalam rangka meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya perlindungan kekayaan intelektual komunal Kabupaten Kutai Barat.

Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Grand Family tersebut dibuka oleh Assisten II Kabupaten Kutai Barat (Rakhmat) yang menyampaikan dengan adanya kegiatan sosialisasi ini semoga bisa menjadikan komitmen bersama dalam meningkatkan pencatatan KIK yg ada di Kabupaten Kutai Barat khususnya Kampung Juaq Asa., Jelasnya.

Pada sosialisasi tersebut Narasumber dari Dinas Kehutanan Provinsi Kaltim, yang  diwakili oleh Heri Susanto (Pengelola Perhutanan Sosial dan Aneka Usaha) memaparkan berbagai macam kearifan lokal yang dimiliki oleh masyarakat adat di sekitar Kabupaten Kutai Barat yang sangat beragam dan memiliki nilai ekonomi dan Budaya yang sangat tingggi sehingga harus segera diinventarisir.

Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan oleh Rima Kumari (Kepala Subidang Pelayanan Kekayaan Intelektual) mengenai pentingnya perlindungan Kekayaan Intelektual atas keberagaman Kekayaan Intelektual Masyarakat adat agar nantinya tidak disalah gunakan oleh pihak lain dan dengan adanya perlindungan kekayaan intelelektual komunal ini merupakan langkah kongkrit dalam melindungi warisan budaya sebagai aset daerah.

Diakhir paparanya, Kasubid Pelayanan Kekayaan Intelektual berharap dengan adanya kegiatan tersebut dapat memacu Masyarakat Adat untuk berperan serta dalam peningkatan kesadaran akan perlindungan Kekayaan Intelektual Komunal sehingga dapat menigkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya yang ada di Kutai Barat. (Red.Humas Kumham Kaltimtara)

WhatsApp Image 2023 12 07 at 20.03.01


Cetak   E-mail