Lanjutkan Safari Ramadhan di Lapas Balikpapan, Kakanwil Gun Gun Gunawan: "Mari Kita ber-Fastabiqul Khairat"

01

Balikpapan - Melanjutkan Safari Ramadhan di lingkungan UPT Kemenkumham Kalimantan Timur area wilayah selatan, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Kalimantan Timur Gun Gun Gunawan meneruskan rangkaian Safari Ramadhan dengan mengunjungi Lapas Kelas IIA Balikpapan pada 27 Maret 2024.

Kunjungan Safari Ramadhan Kakanwil hari ini, diikuti oleh Pejabat Struktural dan jajaran Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham Kalimantan Timur dan turut dihadiri oleh Kepala, pejabat, dan perwakilan DWP pada UPT Kemenkumham Wilayah Kota Balikpapan.

Kedatangan Kakanwil dan rombongan disambut oleh pembacaan syair shalawat yang diiringi rebana oleh grup maulid. Lantunan ayat suci Al-Qur'an yang dibacakan, sebagai tanda dibukanya kegiatan yang dilangsungkan di lapangan Lapas Kelas IIA Balikpapan.

Sebagai tuan rumah kegiatan, Kepala Lapas Kelas IIA Balikpapan Pujiono Slamet menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mempererat silaturahmi dan kekeluargaan Insan Pengayoman, sebagaimana fungsi ASN yang salah satunya sebagai perekat bangsa. Dirinya berharap kegiatan ini mampu meningkatkan kualitas kepribadian jajaran dalam menunjang kinerja pelayanan yang lebih berdampak kepada masyarakat.

Dalam sambutan dan penguatan yang disampaikan, Kakanwil Gun Gun Gunawan berharap seluruh peserta yang hadir untuk dapat memanfaatkan momentum dari kegiatan yang positif ini, tidak hanya dalam upaya mempertebal keimanan, namun juga dapat meningkatkan silaturahmi. Kakanwil juga menghimbau seluruh jajaran untuk dapat menumbuhkan sifat fastabiqul khairat (berlomba-lomba dalam kebaikan), tidak hanya dalam aspek keagamaan, namun juga dalam aspek kehidupan bernegara, melalui peningkatan pelayanan publik kepada masyarakat yang lebih baik, dan menciptakan sinergitas yang efektif kepada instansi eksternal terkait.

"Mari di momentum bulan Ramadhan yang penuh dengan keberkahan ini, kita tingkatkan lagi nilai keimanan dan ukhuwah islamiyah kita. Dan untuk Lapas Balikpapan, semoga dapat lebih baik dalam memberikan pelayanan publik, baik bagi warga binaan, keluarga warga binaan, dan stakeholder eksternal terkait" harap Gun Gun Gunawan.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian tausiyah keagamaan oleh Syekh Murod Maheer, yang diawal tausiyah mengutip QS. Al-Baqarah ayat 185, tentang keutamaan bulan Ramadhan yang ditandai dengan diturunkannya Kitab Suci Al-Quran sebagai petunjuk hidup bagi manusia. Dirinya juga menggugah kepedulian para peserta yang hadir atas peristiwa kemanusiaan yang sedang terjadi di negeri Palestina.

Disela penyampaian tausiyah, Syekh Murod Maheer mengalungkan surban kepada Kakanwil Gun Gun Gunawan dan Kepala Lapas, sebagai simbol solidaritas terhadap peristiwa kemanusiaan yang menimpa di negeri Palestina.

Kegiatan safari Ramadhan ditutup dengan berbuka puasa bersama dan pelaksanaan Shalat Magrib secara berjamaah. Selain pelaksanaannya yang bertepatan dalam momentum semarak Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-60 tahun 2024, Safari Ramadhan ini juga diharapkan mampu menguatkan ketakwaan dan pembinaan kerohanian di bulan Ramadhan 1445 H. (Red. Humas Kumham Kaltim)

121212121212121212121212

 


Cetak   E-mail