Kanwil Kumham Kaltim Ikuti Rapat Koordinasi Pembentukan Pokja Pengawasan Indikasi Geografis di Daerah Tahun 2024

01

Samarinda – Kanwil Kemenkumham Kalimantan Timur melalui Subbidang Pelayanan Kekayaan Intelektual mengikuti Rapat Koordinasi Pembentukan Kelompok Kerja (Pokja) Pengawasan Indikasi Geografis (IG) di Daerah kepada seluruh Kantor Wilayah Kemenkumham se-Indonesia Tahun 2024. Hadir mengikuti kegiatan secara virtual, Kepala Bidang Pelayanan Hukum Santi Mediana Panjaitan dan JF Analis Kekayaan Intelektual di lingkungan Kemenkumham Kalimantan Timur pada 2 April 2024.

Dalam penyampaian sambutan membuka kegiatan, Direktur Merek dan Indikasi Geografis DJKI Kurniaman Telaumbanua menjelaskan bahwa tujuan pembentukan Pokja Pengawasan IG di daerah yakni memperluas keterwakilan Pemerintah Pusat dan Daerah dalam menjaga reputasi, kualitas, dan karakteristik IG yang didaftarkan, sehingga dapat meningkatkan permohonan, perlindungan, dan pengembangan IG daerah. Dirinya menjelaskan bahwa telah disusun petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis (juklak juknis) pengawasan IG terdaftar agar dapat menjadi panduan bagi Pemerintahan Pusat dan Pemerintah Daerah dalam meningkatkan efektifikasi dan menunjang pelaksanaan pengawasan IG tersebut.

“Saya mengharapkan adanya dukungan dari seluruh Kanwil Kemenkumham untuk dapat bersama-sama mewujudkan pengawasan Indikasi Geografis yang lebih baik dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku”, harap Kurniaman.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan Panduan Pembentukan Pokja Pengawasan Indikasi Geografis di Daerah dan pemaparan mengenai Juklak Juknis Pengawasan Indikasi Geografis Terdaftar oleh Tim Ahli Indikasi Geografis. Kantor Wilayah Kemenkumham diharapkan dapat melakukan Pembentukan Pokja Pengawasan IG dengan melibatkan semua pemangku kepentingan yang berkaitan dengan produk IG terdaftar yang ada di suatu daerah, sehingga dapat terbentuk dan berjalannya rencana dan agenda/program begiatan terkait pengawasan IG di daerah. (Red. Humas Kumham Kaltim)

0505050505


Cetak   E-mail